Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Waktu Tempuh 2 Jam Jadi 35 Menit

Rizky Alika
25 Februari 2022, 16:43
Jokowi, tol, jalan tol
Katadata/Andi M. Arief
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Manado-Bitung, Jumat (25/2)

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung, Ruas Danowudu-Bitung, Sulawesi Utara, hari ini.  Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer (km), kini siap beroperasi.

Kepala Negara mengatakan, jalan tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung. "Jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai dua jam, sekarang menjadi 35 menit tanpa mengebut," kata Jokowi saat peresmian jalan tol di Bitung, Jumat (25/2).

Waktu tempuh yang singkat tersebut akan mempermudah pengiriman logistik hingga mobilitas masyarakat dari Manado ke Bitung. Selain itu, jalan tol itu juga mempermudah akses ke Pelabuhan Internasional Bitung.

Kepala Negara berencana menyambungkan jalan tol itu dengan Likupang. "Nanti kami arahkan menuju Likupang apabila Likupang betul-betul sudah selesai," ujar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, jalan tol itu bisa mendorong titik pertumbuhan ekonomi baru. Sulawesi Utara juga diharapkan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari nasional. "Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita," kata Presiden.

Adapun, Jalan Tol Manado-Bitung, Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer. Seksi ini mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO). Ruas ini telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal Januari.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...