Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Waktu Tempuh 2 Jam Jadi 35 Menit

Konstruksi jalan tol Manado-Bitung merupakan salah satu pendukung bagi pengembangan KEK Bitung.
Image title
25 Februari 2022, 16:43
Jokowi, tol, jalan tol
Katadata/Andi M. Arief
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Manado-Bitung, Jumat (25/2)

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung, Ruas Danowudu-Bitung, Sulawesi Utara, hari ini.  Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer (km), kini siap beroperasi.

Kepala Negara mengatakan, jalan tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung. "Jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai dua jam, sekarang menjadi 35 menit tanpa mengebut," kata Jokowi saat peresmian jalan tol di Bitung, Jumat (25/2).

Waktu tempuh yang singkat tersebut akan mempermudah pengiriman logistik hingga mobilitas masyarakat dari Manado ke Bitung. Selain itu, jalan tol itu juga mempermudah akses ke Pelabuhan Internasional Bitung.

Kepala Negara berencana menyambungkan jalan tol itu dengan Likupang. "Nanti kami arahkan menuju Likupang apabila Likupang betul-betul sudah selesai," ujar dia.

Advertisement

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, jalan tol itu bisa mendorong titik pertumbuhan ekonomi baru. Sulawesi Utara juga diharapkan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari nasional. "Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita," kata Presiden.

Adapun, Jalan Tol Manado-Bitung, Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer. Seksi ini mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO). Ruas ini telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal Januari.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat Investasi yang ditanamkan dalam pembangunan Jalan Tol Danowudu-Bitung Rp 5,12 triliun. Selain itu, biaya konstruksi Jalan Tol Manado-Bitung ditaksir Rp 3,27 triliun, sementara biaya pembebasan tanah di kisaran Rp 60 miliar.

Konstruksi jalan tol Manado-Bitung merupakan salah satu pendukung bagi pengembangan KEK Bitung. Selain itu, jalan tol ini akan mendukung pengembangan KSPN Super Prioritas Manado-Bitung-Likupang.

Sebelumnya, Direktur Utama JMB Charles Lendra mengatakan, tersambungnya Jalan Tol Manado-Bitung secara penuh diharapkan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas (VLL) jalan tol. Charles menilai VLL Tol Manado-Bitung kini dapat tumbuh sesuai rencana bisnis pada perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

"Terlebih ini dapat menjadi harapan baru bagi percepatan penyelesaian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, karena pada dasarnya kelayakan Jalan Tol Manado-Bitung bergantung pada perkembangan kawasan sekitar," kata Charles. 

 

Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait