Penjelasan KCIC Soal Girder Box Kereta Cepat Tutupi Jembatan di Bekasi

Andi M. Arief
14 Juni 2022, 15:22
proyek kereta cepat, KCIC
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Sejumlah pekerja menyelesaikan lintasan pada proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/10/2021).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meninggalkan girder box setelah selesai memasang sebuah bagian jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di daerah Bekasi, Jawa Barat. Girder proyek kereta cepat itu kini menutup akses kendaraan roda empat yang melalui jembatan antelope di Bekasi.

GM Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan perusahaan telah menyampaikan sosialisasi dan komunikasi kepada warga sekitar perihal pemasangan girder box tersebut. Dia mengatakan masyarakat sekitar secara prinsip menyepakati pengaturan lalu lintas akibat pemasangan girder tersebut.

"Disepakati jika jembatan antelope eksisting tetap dioperasionalkan secara terbatas dengan sejumlah pengamanan dan pengaturan lalu lintas," kata Rahadian kepada Katadata.co.id, Selasa (14/6).

Sebuah video berisi rekaman girder box proyek pembangunan yang menutupi akses jembatan warga menjadi perbincangan di media sosial. Girder itu membuat jembatan antelope hanya dapat dilalui kendaraan roda empat dengan ketinggian maksimal 1,7 meter. Kendaraan roda dua bisa melalui jembatan tersebut, tapi pengendara harus menundukkan kepala agar tidak mengenai girder.

Rahadian mengatakan KCIC akan memasang portal pembatas ketinggian di dua sisi jembatan Antelope. Selain itu, KCIC juga akan memasang rambu dan menambah lampu penerangan di jembatan tersebut.

KCIC juga akan menjaga jembatan Antelope selama 24 jam yang dibagi dalam tiga shift. Rahadian mengatakan langkah ini untuk memastikan keamanan warga ketika melintasi jembatan Antelope.

Rahadian mengatakan KCIC saat ini sedang membangun jembatan pengganti jembatan Antelope. Jembatan pengganti tersebut merupakan hasil dari kesepakatan dengan warga sekitar Jembatan Antelope dan ditargetkan rampung pada 10 Agustus 2022.

Hingga saat ini, progres konstruksi Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 84,01%. Kereta cepat pertama di dalam negeri dapat beroperasi pada Juni 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...