Setop Impor Rusia, Eropa Beli Batu Bara Indonesia dengan Harga Tinggi

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Juni 2022, 18:45
batu bara, rusia
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Sejumlah negara Eropa melirik batu bara Indonesia usai mereka menyetop impor dari Rusia mulai Agustus mendatang. Beberapa negara Eropa seperti Jerman, Spanyol, dan Polandia tengah menjajaki batu bara Indonesia.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), mengatakan sudah ada pengapalan batu bara ke Jerman dan Polandia. Namun, dia tak mengetahui besaran dari jumlah ekspor yang dilakukan oleh tiap-tiap perusahaan.

Advertisement

"Ke Jerman mungkin sudah ada perkapalan ke sana dalam waktu baru-baru ini. Kargo ke Polandia sudah ada memang, ekspor ke sana sudah jalan," kata Hendra kepada wartawan pada Jumat (17/6).

Di tengah krisis global yang melanda blok barat, Hendra mengatakan sejumlah negara Eropa berani untuk menawar harga batu bara dengan harga yang lebih tinggi. Padahal kualitas batu bara di Indonesia masih berada di bawah kualitas yang dibutuhkan oleh negara barat. "Karena ini menjelang musim dingin, mereka harus mencari batu bara segera. Kualitas kadang bisa juga dicampur," ujarnya.

Selain itu, sejumlah negara Asia seperti India dan Pakistan juga berupaya untuk mendapatkan batu bara Indonesia. Bahkan, kata Hendra, Kementerian Pertambangan dan Batu Bara India akan datang ke tanah air pada akhir bulan Juni.

Hendra mengatakan tadi pagi berkontak dengan Konsulat Jendral RI di Karachi yang menyampaikan kebutuhan Pakiskan akan pasokan batu bara.

"Kami mendapat surat akan ada kunjungan antar pemerintah India dan Indonesia dan mau ketemu kami juga. Kalau soal isu, India kan lagi krisis listrik ya." ujar Hendra.

Sementara itu, Ketua Indonesian Mining and Energy Forum (IMEF) Singgih Widagdo, mengatakan ada sejumlah hal yang diperlukan para pelaku usaha batu bara jika mereka ingin melakukan ekspor ke negara-negara Eropa. Walau harga batu bara yang ditawarkan tinggi, para pengusaha juga memperhitungkan biaya angkut dan kualitas batu bara.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement