Alasan Kapolri Copot Kapolres Jakarta Selatan dan Karo Paminal

Image title
21 Juli 2022, 06:09
kapolri, brigadir j, brigadir yosua
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit kembali menonaktifkan dua pejabat Polri terkait kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir Pol. Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Dua pejabat tersebut yaitu Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Brigjen Pol. Hendra Kurniawan dan Kepala Kepolisian Resor Metro (Kapolrestro) Jakarta Selatan, Kombes Pol. Budhi Herdhi.

“Pada malam hari ini memutuskan untuk menonaktifkan dua orang,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri pada Rabu (20/7) malam.

Penonaktifan kedua pejabat merupakan arahan langsung dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Keduanya dicopot dari jabatan masing-masing dalam rangka menjaga objektifitas, transparansi, dan independensi penyidikan. “Tim harus betul-betul menjaga marwah itu sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri,” ujar Dedi.

Menurut Dedi, pencopotan keduanya dapat mendorong tim penyidik untuk melakukan menyidikan dengan lebih ilmiah atau berdasarkan metode scientific crime investigation (SCI).

Adapun pejabat yang akan menjadi pengganti sementara, belum diumumkan. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Pol. Fadil Imran yang akan memutuskan pengganti Kapolres Jakarta Selatan. 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah menonaktifkan sementara Kadiv Propam, Irjen Pol. Ferdy Sambo agar tak menimbulkan bias dalam penyidikan.

“Kami melihat ada spekulasi yang muncul. Ini akan berdampak terhadap proses penyidikan yang sedang kita lakukan,” katanya dalam keterangan pers pada Senin (18/7) malam di Mabes Polri.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...