Harga Batu Bara dan Gas Turun Tajam, Diperkirakan Berlanjut ke 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Oktober 2022, 13:17
batu bara,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Harga batu bara di Pasar ICE Newcastle berada di level US$ 372,5 per ton atau turun 6,91% dibandingkan harga pekan lalu yang berada pada posisi US$ 432 per ton. Bulan September lalu, harga batu bara masih berada di US$ 417,75 per ton atau turun 10,87% dari harga saat ini.

Bank Dunia pada hari Rabu (26/10) memperkirakan harga energi turun 11% pada 2023 setelah mengalami lonjakan 60% tahun ini menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Pertumbuhan ekonomi global yang melambat dan pembatasan pandemi Covid-19 di Cina diperkirakan dapat memperpanjang tren pelemahan harga energi yang lebih dalam.

Peningkatan nilai kurs dolar yang berimbas pada menyusutnya nilai mata uang di sebagian besar negara berkembang telah mendorong lonjakan harga pangan dan bahan bakar.

"Kombinasi dari kenaikan harga komoditas dan depresiasi mata uang yang terus-menerus dapat diartikan sebagai inflasi yang lebih tinggi di banyak negara," kata Ayhan Kose, yang mengepalai kelompok Bank Dunia, dikutip Kamis (27/10)

Reuters melaporkan impor batu bara Cina pada September 2022 mencapai 33,05 juta ton atau naik 12,2% dibandingkan pada Agustus lalu yang tercatat 29,46 juta ton. Selain menggenjot impor, Cina juga sedang berupaya menaikkan produksi batu bara domestik hingga 390 juta ton pada September.

Target produksi ini melonjak 12,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Langkah ini seiring Cina mengubah kebijakan pasokan batu bara untuk pembangkit listrik menjadi 20 hari.

Sumber batu bara Cina mayoritas berasal dari sesama negara Asia seperti Indonesia yang menjadi pemasok utama dengan pengiriman 20,7 juta ton. Disusul Mongolia yang mengekspor batu bara ke Cina sebesar 4,24 juta ton.

Sebagai konsumen terbesar batu bara di dunia, besaran konsumsi batu bara di Cina berpotensi menentukan harga batu bara global. Namun, sentimen positif dari Cina nyatanya masih belum mampu mengerek harga batu bara.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...