Pasokan dari AS Melimpah, Harga Gas Eropa Turun di Bawah US$ 100/Mwh

Happy Fajrian
25 Oktober 2022, 16:48
harga gas eropa, ekspor lng amerika,
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi kapal tanker LNG.

Harga gas di Eropa turun di bawah US$ 100 per megawatt jam (Mwh )untuk pertama kalinya sejak Rusia menginvasi Ukraina seiring melonjaknya pasokan gas alam cair (LNG) dari Amerika Serikat (AS).

Harga gas di Benua Biru sempat mencapai rekor tertingginya di atas US$ 332,6 per Mwh pada akhir Agustus atau lebih dari 10 kali lipat harga terendah pra-invasi Rusia ke Ukraina yang hanya sekitar € 30 atau US$ 29 per Mwh.

Advertisement

Lonjakan harga salah satunya disebabkan oleh disetopnya pengiriman gas oleh Rusia ke Eropa melalui jalur pipa Nord Stream 1 sebagai respons sanksi yang dijatuhkan negara barat kepada Rusia yang menginvasi Ukraina.

Namun AS meningkatkan ekspor LNG ke Eropa begitu besar hingga menyebabkan antrean pada infrastruktur regasifikasi di pelabuhan. Menurut data MarineTraffic, setidaknya ada 60 kapal tanker LNG yang mengantre di sekitar perairan Eropa barat laut, Mediterania, Semenanjung Iberia untuk berlabuh.

Satu kapal berlabuh di Terusan Suez, dan delapan kapal LNG dari Amerika tengah berlayar menuju pelabuhan Huelva, Spanyol.

“Gelombang kapal tanker LNG telah membanjiri kemampuan fasilitas regasifikasi Eropa untuk menurunkan muatan tepat waktu,” kata presiden Lipow Oil Associates, Andrew Lipow, seperti dikutip CNBC, Selasa (25/10).

Antrean ini menyebabkan kapal tanker terlambat kembali ke Amerika untuk mengangkut muatan berikutnya. Alhasil, terjadi peningkatan persediaan gas alam lebih tinggi dari perkiraan pasar. Saat mengantre, kapal menjadi fasilitas penyimpanan terapung gas sementara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement