Cerita Luhut Negosiasi RI dengan Amerika soal Pengurangan Emisi Karbon

Andi M. Arief
11 November 2022, 10:03
Luhut, emisi karbon
Instagram.com/luhut.pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pemerintah Indonesia berhasil bernegosiasi dengan Amerika Serikat untuk mengurangi emisi karbon yang dikeluarkan tanpa mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan pengalaman bernegosiasi dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen di Treasury Building, Washington AS, September lalu.

Luhut mengatakan emisi yang dikeluarkan Indonesia hanya mencapai 2,3 ton per kapita. Sedangkan emisi yang dikeluarkan Amerika Serikat tercatat mencapai 14,7 ton per kapita. Adapun ambang batas emisi karbon 4,5 ton per kapita.

Meski begitu, Janet Yellen meminta Indonesia untuk menekan emisi karbonnya lebih jauh.

"Saya beri tahu Secretary Yellen, saya pikir itu tidak adil dan harus dilakukan secara adil. Dia katakan kepada saya itu masuk akal," kata Luhut dalam pembukaan Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali, Jumat (11/11).

Setelah pertemuan bilateral tersebut, Luhut langsung membuat gugus tugas untuk negosiasi kerja sama terkait pengurangan emisi karbon dengan Amerika Serikat. Luhut mencatat negosiasi tersebut berjalan selama delapan bulan dan berakhir pada dua hari yang lalu.

Oleh karena itu, Luhut mengatakan tidak ada yang bisa mendikte Indonesia. Menurutnya, Indonesia hari ini berbeda dengan Indonesia pada delapan tahun yang lalu.

Meski emisi karbon lebih rendah dibanding yang lain, pemerintah Indonesia menargetkan menurunkan emisi karbon sebanyak 917 juta ton CO2e pada 2030 atau sebanyak 31,89%. Angka tersebut naik dari target yang ditetapkan hingga awal tahun ini sebesar 29%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...