Aliran Minyak dari Rusia ke Eropa Berhenti, Dampak Serangan Rudal?

Muhamad Fajar Riyandanu
16 November 2022, 12:08
minyak, rusia,
ANTARA FOTO/REUTERS/Vladyslav Model/foc/sad.
Asap mengepul setelah serangan rudal Rusia di Ukraina berlanjut, di Lviv, Ukraina, Senin (18/4/2022).

Pasokan minyak dari Rusia ke beberapa wilayah Eropa Timur dan Tengah lewat pipa Druzhba dihentikan sementara pada Selasa (15/11) waktu setempat. Penghentian pipa minyak tersebut berbarengan dengan serangan rudal di Polandia, meski belum diketahui keterkaitannya.

Terdapat beberapa dugaan penyebab pasokan aliran minyak dari pipa Druzhba berhenti. Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Hungaria, MOL Group, menduga penghentiannya akibat hantaman rudal Rusia ke pembangkit listrik dekat perbatasan Belarus yang menyediakan listrik untuk stasiun pompa. Informasi tersebut didapat dari mitra perusahaan di Ukraina.

Adapun perusahaan pengangkutan dan penyimpanan minyak mentah Transpetrol Slovakia masih memberikan keterangan yang hati-hati. Mereka tidak menyebutkan serangan rudal sebagai penyebab penghentian aliran minyak.

"Alasan penangguhan pasokan belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Ukraina," kata Transpetrol," dikutip dari Reuters pada Rabu (16/11).

Hingga kini, Traspetrol belum memperoleh informasi ihwal penghentikan pasokan minyak dari pipa Druzhba. Mereka berharap perusahaan bisa memperoleh lebih banyak infomrasi tentang penyebab penutupan.

Jaringan pipa Druzhba berasal dari Rusia dan terbelah di Belarusia ke Ukraina. Pipa bercabang itu memasok minyak ke beberapa negara di Eropa Timur dan Tengah seperti kilang di Hungaria, Slovakia, dan Republik Ceko.

Di sisi lain, operator saluran pipa Ceko, MERO, mengaku belum menemukan adanya gangguan dalam aliran minyak melalui jalur Druzhba. Hal yang sama juga dikatakan oleh operator pipa Polandia, PERN, yang menyebutkan pasokan minyak di pipa bagian jalur Polandia mengalir normal pada Selasa (15/11).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...