Harga Beras Naik, Kerek Harga Telur dan Daging Ayam

Nadya Zahira
28 November 2022, 13:05
beras, harga pangan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Calon pembeli melihat berbagai jenis beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jatinegara, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Beberapa komoditas pangan saat ini kembali mengalami kenaikan harga, di antaranya beras, telur ayam ras segar, dan daging ayam ras segar. Kenaikan harga beras diduga mempengaruhi kenaikan harga pangan lainnya.

Harga beras mengalami kenaikan sejak awal November 2022 hingga sekarang. Beras merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar pada Oktober 2022.

Advertisement

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa beras merupakan salah satu komoditas pangan yang berkontribusi besar terhadap inflasi pangan dan sangat mempengaruhi angka inflasi nasional.

Berdasarkan data BPS, harga beras pada bulan Oktober 2022 mengalami inflasi 1,13% yang menyumbang inflasi nasional sebesar 0,34%.

Beras merupakan komoditas pangan yang paling tinggi menyumbang inflasi dikarenakan merupakan pangan pokok yang dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyebutkan kenaikan harga beras tersebut dikarenakan adanya kenaikan harga pokok produksi (HPP) di tingkat petani. HPP beras naik lantaran kenaikan harga BBM dan kenaikan harga pupuk.

Selain itu, anomali cuaca juga mempengaruhi produksi beras nasional yang menyebabkan pasokan menurun. Sejumlah daerah Indonesia, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung, mengalami gagal panen dikarenakan lahan sawah yang terendam banjir.

Kenaikan Harga Beras

Mengutip data hargapangan.id yang dirilis Bank Indonesia, harga rata-rata nasional beras medium I pada hari ini, Senin (28/11) mencapai Rp 12.250 per kg. Harga tersebut naik dibandingkan pada periode yang sama di bulan lalu yang hanya mencapai Rp 12.150 per kg.

Kemudian, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat rata-rata harga beras kualitas super I secara nasional mencapai Rp 13.550 per kg pada Senin (28/11). Harga tersebut naik dibandingkan pada periode yang di bulan lalu yang mencapai Rp. 13.450. Sedangkan untuk rata-rata harga nasional beras kualitas bawah I mencapai Rp 11.150. Harga tersebut juga turut naik dibandingkan pada 28 Oktober 2022 yang mencapai Rp 11.100 per kg.

Adapun rata-rata harga beras premium I di DKI Jakarta pada hari ini senilai Rp 16.600 per kg. Harga tersebut juga naik dibandingkan periode yang sama bulan lalu mencapai Rp 16.500 per kg. Sedangkan harga beras medium I di DKI Jakarta senilai Rp 14.350 per kg, dan Rp 12.700 per kg untuk harga beras kualitas bawah I.

Sedangkan untuk rata-rata harga beras termahal jatuh kepada Kalimantan Tengah mencapai Rp 15.700 per kg. Serta untuk rata-rata harga beras termurah jatuh kepada Sulawesi Barat yang hanya mencapai Rp 9.950 per kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement