PLN Tak Hanya Fokus Soal Investasi dalam Matangkan Skema JETP

Dzulfiqar Fathur Rahman
20 April 2023, 17:28
Dirut PLN Darmawan Prasodjo saat Focus Group Discussion antara PLN dan IEA di Paris, Prancis, pada Selasa (18/4/2023).
Katadata/PLN
Dirut PLN Darmawan Prasodjo saat Focus Group Discussion antara PLN dan IEA di Paris, Prancis, pada Selasa (18/4/2023).

Perwakilan Perusahaan Listrik Negara atau PLN dan Badan Energi Internasional (IEA) menandatangani kesepakatan untuk mematangkan Just Energy Transition Partnership (JETP). Kedua pihak sepakat bahwa transisi energi bukan hanya soal investasi dan perlu mengedepankan prinsip keterjangkauan bagi masyarakat.

“Kami bersama IEA memetakan hingga rinci terkait strategi, kebutuhan infrastruktur pendukung, rencana pembangunan interkoneksi jaringan hingga peluang kolaborasi yang menarik bagi investor,” kata Dirut PLN Darmawan Prasodjo seperti dikutip dalam siaran pers Kamis (20/4).

Advertisement

PLN dan IEA menyelenggarakan Focus Group Discussion di Paris, Prancis, pada Selasa (18/4) membahas strategi untuk mempercepat transisi energi di Indonesia dengan mematangkan program pendanaan JETP senilai US$ 20 miliar.

"Ini sejalan dengan semangat dari JETP, yang berusaha memastikan tidak ada orang yang tertinggal dalam proses meninggalkan batubara," kata Darmawan.

Indonesia menjadi negara kedua yang mengamankan JETP pada November 2022 di tengah Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 (G20). Negara-negara Kelompok 7 (G7), Denmark, dan Norwegia terlibat dalam program pendanaan ini.

Dalam JETP, Indonesia berupaya untuk mencapai emisi gas rumah kaca dari produksi listrik bersih nol pada 2050. Ini menandai percepatan satu dekade dari target pemerintah sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Dzulfiqar Fathur Rahman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement