PLN Gandeng IEA Susun Strategi Transisi Energi untuk JETP

Reza Pahlevi
19 April 2023, 16:03
Direktur Utama PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian bersama Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol.
Katadata/PLN
Direktur Utama PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian bersama Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bekerja sama dengan International Energy Agency atau IEA untuk mematangkan skema Just Energy Transition Partnership Investment and Policy Plan (JETP IPP). JETP IPP ini akan mempercepat transisi energi di Inodnesia.

IEA merupakan lembaga independen profesional yang menjadi rujukan dunia untuk energi. IEA memberikan analisis, data, rekomendasi kebijakan, solusi pembangunan ketahanan energi, ekonomi berkelanjutan dan pembangunan lingkungan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kerja sama kedua lembaga ini sudah terjalin lama. Hanya saja, kolaborasi kali ini khusus untuk mencapai target pengurangan emisi karbon dunia.

"Kami memiliki visi yang sama untuk menyongsong masa depan. Masa depan energi berkelanjutan, yang membawa kemakmuran dan kemuliaan bagi bangsa dan dunia," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Rabu (19/4).

IEA menilai Indonesia sebagai negara kepulauan perlu meningkatkan interkoneksi sistem kelistrikan. Interkoneksi ini menjamin akses listrik merata serta dapat membuat harga listrik terjangkau bagi masyarakat.

Executive Director of IEA Fatih Birol menjelaskan pihaknya mendukung penuh langkah Indonesia dalam transisi energi. Upaya Indonesia dalam mengurangi emisi karbon akan berdampak langsung pada pengurangan emisi karbon.

"Kami mendukung penuh Indonesia dalam proyek transisi energi. Dukungan IEA kepada Indonesia bisa menjadi pendorong untuk berbagai pihak melakukan kolaborasi bersama dalam proyek transisi energi," katanya.

Halaman:
Reporter: Reza Pahlevi
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...