Pengaruh Agya dan Ayla Bagi Saham Astra

Image title
Oleh
11 September 2013, 00:00
3051.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? PT Astra International Tbk (ASII), melalui dua anak perusahaannya yakni PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor, kembali meluncurkan produk kendaraan kembar, yakni Agya dan Ayla. Mobil hemat energi dan ramah lingkungan tersebut diluncurkan pada Senin (9/9) lalu.

Ini merupakan produk kembar ketiga setelah Avanza-Xenia yang diluncurkan pada akhir 2003 dan Rush-Terios yang diluncurkan pada akhir 2006. Tapi bagaimana dampak peluncuran Agya dan Ayla terhadap kinerja saham Astra?

Jika dilihat secara historis, saat Avanza-Xenia, Rush-Terios, serta All New Avanza-All New Xenia diluncurkan, harga saham Astra menunjukkan kenaikan. Ini seperti terlihat dalam grafik di bawah yang membandingkan harga saham setahun sebelum dan sesudah produk-produk kembar tersebut diluncurkan.

Namun perlu diperhatikan ketika ketiga produk tersebut diluncurkan, kondisi pasar finansial Indonesia tengah dalam kondisi yang stabil dan cenderung untuk naik. Perlu dipertimbangkan pula Astra juga meluncurkan produk-produk kendaraan lain, seperti sepeda motor dan truk, serta melakukan investasi lainnya dalam periode tersebut.

Situasi ini berbeda ketika Agya dan Ayla diluncurkan. Indeks sempat merosot hingga 14 persen dalam sepekan pada 12-27 Agustus lalu. Meski sekarang sudah ada tren penguatan, namun kondisinya masih labil. Indeks masih mungkin kembali melemah.

Dalam investasi, tentunya kinerja di masa lalu tidak menjamin hasil yang akan datang.

Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...