Laba Naik di Tengah Penurunan Harga

Image title
Oleh
28 April 2014, 18:08
Bukit Asam (www.ptba.co.id)
www.ptba.co.id
www.ptba.co.id

KATADATA ? PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA)berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 542 miliar sepanjang kuartal I tahun ini. Laba bersih perseroan naik 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang hanya Rp 498 miliar.  

Pendapatan perseroan juga naik 11 persen, menjadi Rp 3,09 triliun dibandingkan pendapatan pada kuartal I-2013 yang hanya Rp 2,77 triliun.  

Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Joko Pramono, dalam keterangannya mengatakan peningkatan penjualan ini terjadi, salah satunya karena meningkatnya produksi dan pembelian batu bara, serta harga rata-rata produk perseroan.  

Menurut Joko, perseroan cukup bangga dengan kinerja tersebut. Mengingat, peningkatan kinerja tersebut terjadi saat indeks harga batu bara dunia sedang menurun.  

"Perseroan meraih net profit margin (margin laba bersih) sebesar 17 persen, diyakini sebagai margin tertinggi dibandingkan (perusahaan) tambang batu bara lainnya," ujar Joko. Menurutnya, perolehan margin laba bersih yang lebih tinggi dari perusahaan tambang batu bara lainnya ini juga terjadi pada tahun lalu.  

Joko mengatakan keberhasilan kinerja perseroan ini didukung oleh strategi optimasi penambangan dan strategi pemasaran dengan menerapkan tujuh market brand. Strategi ini berhasil meningkatkan harga jual rata-rata tertimbang batu bara menjadi Rp 733.396 per ton, dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 613.810 per ton.  

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...