Jokowi Sudah Panggil Calon Menteri ke Istana

Image title
Oleh
21 Oktober 2014, 13:47
Joko Widodo KATADATA | CC Harjono
Joko Widodo KATADATA | CC Harjono
KATADATA | CC Harjono

KATADATA ?  Presiden Joko Widodo telah memanggil sejumlah calon menteri untuk mengisi kabinetnya. Pemanggilan itu dilakukan di kompleks istana kepresidenan dari kemarin malam hingga Selasa (21/10) dini hari. 

Kendati telah memanggil para calon menterinya itu, Jokowi belum memastikan kapan akan dilakukan pengumuman menteri. Dia hanya mengatakan pengumuman akan dilakukan secepatnya. Dari informasi yang beredar, pengumuman akan dilakukan pada malam ini. "Secepatnya, di tempat khusus," ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/10).

Jokowi juga mengatakan untuk kabinetnya nanti, para menteri tidak boleh merangkap jabatan seperti ketua umum partai politik. Menurutnya rangkap jabatan akan membuat menteri tidak maksimal dalam bekerja. "Kerja di satu tempat saja belum tentu benar kok," ujarnya.

Untuk memilih calon menterinya, Jokowi telah menyerahkan 43 nama yang telah diseleksi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelapiran dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). KPK sendiri telah mengembalikan hasil penelusuran dan rekam jejak 43 calon menteri itu kepada Jokowi. Menurut KPK ada beberapa nama yang dianggap bermasalah.

Terkait dengan hasil penelusuran KPK, Jokowi mengaku telah mengevaluasi laporan tersebut. "Mestinya harusnya seperti itu (ada evaluasi). Apa gunanya PPATK dan KPK," ujarnya.

Rencananya kabinet Jokowi terdiri dari 33 pos kementerian, yang terdiri empat menteri koordinator dan 29 menteri biasa. Dari jumlah itu, 18 pos menteri akan diisi kalangan profesional, dan 15 menteri berasal dari partai.

Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...