Menteri ESDM Sudirman Said Dianggap Belum Punya Rekam Jejak Mumpuni

Image title
Oleh
27 Oktober 2014, 15:03
Menteri ESDM Sudirman Said
pindad.com
Menteri ESDM Sudirman Said

KATADATA ? Pengamat energi menilai Sudirman Said belum memiliki track record yang mumpuni sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Rovicky Dwi Putrohari mengatakan ia belum melihat prestasi yang dicapai Sudirman di bidang energi. Meskipun Sudirman memiliki pengalaman sebagai Corporate Secretary PT Pertamina (Persero). 

"Saya yakin kawan-kawan penggerak energi juga bertanya tanya tentang sisi track record  bidang energi," ujarnya saat dihubungi Katadata, Jakarta, Minggu (26/10).

Rovicky mengenal Sudirman ketika masih menjabat di Pertamina. Namun namanya tak pernah terdengar berbicara sektor energi. Terkait namanya yang dikaitkan sebagai sosok pemberantas mafia migas, menurut Rovicky setiap orang penggerak energi memang fokus tentang isu mafia migas.

Menurut dia, sebagai menteri ESDM, tugas berat telah menanti Sudirman. Yaitu pentingnya koordinasi yang mulus di Kementerian ESDM, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), dan Pertamina. Selain itu dibutuhkan koordinasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam penyediaan kebutuhan listrik. Harga listrik saat ini dinilai masih jauh dari harga keekonomian. 

"Kalau dari segi koordinasi beliau (Sudirman) sudah bisa. Namun sekarang energi menjadi belantara baru dan tantangan baru, ini akan membutuhkan waktu belajar," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...