Hashim Inginkan Saham Mayoritas di Blok Mahakam

Aria W. Yudhistira
27 Januari 2015, 18:45
Katadata
KATADATA | Dok.
Pengusaha Hashim Djojohadikusumo dikabarkan tertarik untuk berinvestasi di Blok Mahakam.

KATADATA ? Pengusaha Hashim Djojohadikusumo dikabarkan tertarik untuk berinvestasi di Blok Mahakam setelah berakhirnya kontrak Total E&P Indonesie pada 2017. Meski begitu, adik mantan calon presiden Prabowo Subianto itu hanya akan menanamkan modalnya jika menjadi pemegang saham mayoritas. 

Hal ini disampaikan anak Hashim yang juga anggota Komisi VII DPR Aryo P.S. Djojohadikusumo saat ditemui Katadata di Gedung DPR, Selasa (27/1).  

?Saat ini belum tertarik. Pak Hashim dari dulu biasanya pilih berinvestasi di saham mayoritas,? kata dia.

Aryo mengatakan, saat ini Pertamina yang akan mendapatkan mandat untuk mengelola Blok Mahakam. Meski demikian, dia mengingatkan ada hak pemerintah daerah (pemda) untuk ikut berpartisipasi. Walaupun pemda nantinya dapat bekerja sama dengan pihak swasta untuk memperoleh saham di blok kaya minyak dan gas bumi (migas) tersebut.

Hashim Djojohadikusumo sebelumnya menyatakan, dirinya masih mempelajari prospek investasi di Blok Mahakam. Alhasil, dirinya belum bisa menjelaskan apakah akan bekerja sama dengan pihak lain atau berinvestasi sendiri. ?Harus dipelajari dahulu,? kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, perusahaan pelat merah itu ingin sepenuhnya mengelola Blok Mahakam, meskipun ada perusahaan swasta nasional yang berminat seperti perusahaan milik Hashim.

?Pertamina berminat 100 persen,? kata dia ketika ditemui Katadata di Jakarta Convention Centre, Selasa (27/1).

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...