Jokowi Tawarkan Proyek Infrastruktur ke Cina dan Jepang

Aria W. Yudhistira
20 Maret 2015, 18:02
Katadata
KATADATA
Presiden Joko Widodo.

KATADATA ? Presiden Joko Widodo akan menawarkan sejumlah proyek infrastruktur kepada investor Jepang dan Cina dalam kunjungan kenegaraan ke kedua negara. Presiden dijadwalkan berkunjung ke dua negara selama enam hari pada 22-28 Maret nanti.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, Presiden menginginkan investor asal Jepang dan Cina dapat berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur kemaritiman yang dicanangkan pemerintah. Ada 24 proyek pelabuhan yang akan ditawarkan pemerintah.

Selain pelabuhan, Presiden juga akan menawarkan infrastruktur pendukung lainnya, seperti jalan raya dan pembangkit listrik.

?Jadi ada beberapa CEO (Chief Executive Officer) besar nanti bertemu Presiden dan berkesempatan berbicara mengenai perihal investasi di bidang maritim,? kata Arrmanatha di Gedung Kementerian Luar Negari, Jakarta, Jumat (20/3).

Rombongan Presiden akan tiba di Tokyo pada tanggal 22 Maret dan dijadwalkan bertemu dengan Kaisar Jepang Akihito. Lalu Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Presiden juga dijadwalkan menjadi pembicara di depan forum bisnis Jepang dan akan dihadiri 1.000 investor.

Arrmanatha juga menjelaskan salah satu sektor terkait industri maritim yang akan dibahas Jokowi dengan Jepang adalah mengenai sektor pertahanan. Jokowi dijadwalkan akan menghadiri penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Jepang mengenai peningkatan kapasitas (capacity building) industri militer dan juga alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...