Lagi, Tim Sukses Jokowi Jadi Komisaris BUMN

Aria W. Yudhistira
24 Maret 2015, 15:07
btn-bank-tabungan-negara.jpg
Mantan Ketua Tim Ahli Pemenangan Jokowi-JK dalam pilpres 2014 Sukardi Rinakit diangkat sebagai Komisaris Utama BTN.

KATADATA ? Mantan tim sukses pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden lalu kembali menjadi komisaris di badan usaha milik negara (BUMN).

Kali ini, Sukardi Rinakit diangkat sebagai Komisaris Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). Dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) BTN yang digelar hari ini, mantan Ketua Tim Ahli Pemenangan Jokowi-JK dalam pilpres 2014 tersebut menggantikan posisi Mardiasmo yang sekarang menjabat Wakil Menteri Keuangan.

Pengangkatan Sukardi ini melengkapi beberapa nama tim sukses Jokowi-JK yang ditunjuk sebagai komisaris BUMN. Sebelumnya, Kementerian BUMN menunjuk Cahaya Dwi Rembulan Sinaga sebagai Komisaris Independen Bank Mandiri, Pataniari Siahaan sebagai Komisaris Bank Negara Indonesia, serta Sonny Keraf sebagai Komisaris Bank Rakyat Indonesia. Ketiganya merupakan kader PDI-P, partai pengusung Jokowi dalam pilpres.

Selain itu, anggota tim sukses yang telah menjadi komisaris di BUMN antara lain, Diaz Hendropriyono, Ketua Umum Koalisi Anak Muda dan Relawan Jokowi, yang menjadi komisaris Telkomsel.

Kemudian Hironimus Hilapok, tokoh mayarakat Papua yang menjadi anggota Kelompok Kerja Papua di Tim Transisi Jokowi-JK. Hironimus menjadi Komisaris Independen PT Adhi Karya Tbk.

Dalam RUPS, juga mempertahankan Maryono di posisi Direktur Utama BTN. Selain itu, pemerintah menempatkan sejumlah direksi dari bank BUMN lain ke dalam jajaran manajemen BTN.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...