Lahan di Bontang Paling Siap dari Empat Proyek Kilang Tahun Depan

Safrezi Fitra
16 September 2015, 11:39
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA – Pemerintah berencana menawarkan empat proyek pembangunan kilang baru tahun depan. Empat proyek kilang ini akan dibangun pada empat lokasi yang berbeda, yakni Bontang (Kalimantan Timur), Tuban (Jawa Timur), Jawa Barat, dan Aceh.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I.G.N. Wiratmaja mengatakan belum semua lahan untuk lokasi pembangunan kilang ini siap. Hingga saat ini hanya Bontang yang pembebasan lahannya sudah hampir rampung.

“Yang di Bontang lahannya sudah siap,” ujar Wiratmaja kepada Katadata, Selasa (15/9). (Baca: Pemerintah Siapkan Lahan untuk Bangun 4 Kilang Minyak Baru)

Sementara Direktur Pembinaan Hilir Migas Kementerian ESDM Setyo Rini Tri Hutami mengatakan proyek pembangunan empat kilang tahun depan, masih dalam perencanaan awal. Saat ini pihaknya masih mengurus perizinan lahan untuk empat kilang tersebut.

Belum semua lokasi mendapatkan izin pembebasan lahan dan alih fungsinya, termasuk yang di Bontang. "Tanah di Bontang milik Kementerian Keuangan, kalau yang di Tuban (Jawa Timur) milik Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Belum dialihfungsikan, semua sedang proses," kata Rini.

Halaman:
Reporter: , Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...