Daya Beli Masyarakat Jadi Fokus Paket Kebijakan Tahap III

Aria W. Yudhistira
2 Oktober 2015, 19:44
pengangguran, tenaga kerja
KATADATA | Arief Kamaludin
pengangguran, tenaga kerja

KATADATA - Paket kebijakan ekonomi tahap III yang akan dikeluarkan pemerintah dalam waktu dekat akan fokus untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu, pemerintah juga menyasar peningkatan investasi dan pembiayaan ekspor.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, peningkatan daya beli bisa diupayakan dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. Namun, kebijakan ini masih digodok lantaran kerugian PT Pertamina (Persero) belum tertutupi. “(Penurunan harga BBM) untuk daya beli,” kata Bambang ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (2/10).

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini pemerintah masih membahas rencana penurunan harga BBM. Penurunan harga ini akan masuk dalam paket kebijakan ekonomi tahap III yang tujuannya untuk mendorong daya beli masyarakat. Paket kebijakan tahap III ini akan diumumkan pada Selasa atau Rabu pekan depan. “Tidak pasti (harga BBM turun). Tapi kami bahas untuk lihat kemungkinannya,” kata dia.

Bambang melanjutkan, paket kebijakan ekonomi III juga akan menyediakan skema pembiayaan modal kerja dalam rangka pencegahan PHK. Pembiayaan akan diberikan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan bunga yang lebih rendah. Nantinya, bila perusahaan mengalami kesulitan keuangan, tapi menjamin tidak ada PHK maka akan mendapatkan pembiayaan.

“Bahkan (perusahaan yang sudah PHK) kalau bisa jamin orang yang di-PHK bisa ditarik lagi mungkin saja bisa (dapat pembiayaan),” ujar dia. (Baca: Turunkan Harga BBM, Pemerintah Tak Siapkan Anggaran untuk Pertamina)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement