BPPT Pesimistis Target Bauran Energi Baru Terbarukan Tercapai

Safrezi Fitra
3 November 2015, 20:13
biodiesel
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA - Pemerintah telah berkomitmen untuk  mengembangkan bauran energi baru dan terbarukan (EBT) minimal 23 persen pada 2025. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meragukan target tersebut akan tercapai.

Direktur Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Energi BPPT Adiarso mengatakan target bauran EBT dalam energi nasional masih belum bisa dicapai sepenuhnya.  Bahkan dia memprediksi capaian targetnya pada 2025 hanya setengahnya, yakni 12 persen.

Advertisement

"Kalau EBT memang secara bertahap akan naik sekitar 12 persen (pada 2025), sulit untuk naik 20 persen," kata Adiarso dalam seminar outlook energi indonesia di gedung BPPT Jakarta, Selasa (3/11).

(Baca: Dorong Energi Baru, ADB Beri Pinjaman US$ 5 Miliar ke Kementerian ESDM)

Prediksi BPPT ini mengacu pada asumsi yang dipakai dalam kajian Outlook Energi Indonesia. Beberapa indikator yang digunakan diantaranya pertumbuhan populasi penduduk yang naik rata-rata 2,8 persen per tahun. Indikator lainnya pendapatan per kapita, harga energi dunia, serta faktor ekonomi lainnya.

Di sisi lain, dia menilai perkembangan EBT masih belum secara signifikan berjalan di dalam negeri. Pengembangan pembangkit listrik batu bara jauh lebih pesat ketimbang pembangunan pembangkit dari  EBT. (Baca: Porsi Pembangkit dari Energi Terbarukan Akan Dinaikkan)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement