Freeport: Harga Saham Divestasi Masih Wajar

Safrezi Fitra
20 Januari 2016, 19:39
freeport.jpg
KATADATA/

KATADATA - Polemik terkait harga saham yang ditawarkan oleh PT Freeport Indonesia kepada Pemerintah belum juga surut. Pemerintah menganggap harga US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23, triliun untuk 10,64 persen saham yang ditawarkan oleh Freeport masih terlalu tinggi.

Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga sependapat dengan pemerintah. Anggota Komisi VII Ramson Siagian mempertanyakan dasar perhitungan harga yang ditawarkan Freeport tersebut. Menurut dia, harga saham tersebut masih terlalu mahal jika mengacu pada nilai pasar Freeport Indonesia saat ini. (Baca: Freeport Akan Lepas 10 Persen Saham Senilai Rp 23,5 Triliun)

"Market value (nilai pasar) Freeport saat ini saja hanya US$ 4,8 miliar," ujar Ramson dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan PT Freeport Indonesia dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)di gedung DPR/MPR RI, Rabu (20/1).

Direktur Freeport Indonesia Clementino Lamury mengakui bahwa nilai pasar Freeport Indonesia saat ini sebesar US$ 4,9 miliar. Sementara perhitungan harga saham yang ditawarkan saat ini mengacu pada asumsi nilai pasar setelah 2021 saat kontrak karyanya berakhir yakni mencapai US$ 16,2 miliar.

“Sehubungan tambang bawah tanah dan US$ 15 miliar untuk investasi yang akan kami keluarkan (pada 2021)," ujarnya. (Baca: Pemerintah Belum Siapkan Rp 23,5 Triliun Ambil Saham Freeport

Freeport menyatakan harga yang ditawarkan kepada pemerintah merupakan harga yang wajar. VP Corporate Communication Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan perhitungan harga tersebut sudah dilakukan secara matang. "Harga itu kan sudah harga yang wajar. Harga wajar dari analisa kami," kata Riza saat ditemui di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (20/1).

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...