Bertemu Jokowi, DPR Janjikan RUU Tax Amnesty Rampung Bulan Ini

Safrezi Fitra
15 April 2016, 15:53
Gedung DPR
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung DPR/MPR

Setelah sempat diwarnai suara-suara penolakan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya bersedia mempercepat pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty. Bahkan, DPR berkomitmen mengusahakan pembahasan rancangan beleid itu rampung dalam masa persidangan bulan ini.

Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan, para pimpinan fraksi di DPR telah sepakat melimpahkan pembahasan RUU Tax Amnesty kepada Komisi XI DPR  yang membidangi keuangan dan perbankan. Kesepatan ini diputuskan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 6 April dan 11 April lalu. Hasil rapat juga memutuskan agar pimpinan DPR bersama pimpinan fraksi melakukan rapat konsultasi dengan pemerintah.

Advertisement

Menindaklanjuti keputusan tersebut, Ade menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/4). Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Taufik Kurniawan. Selain itu, ada beberapa pimpinan fraksi dan komisi di DPR. Sedangkan Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

(Baca: Direktorat Pajak Kantongi 2.000-an Nama di Negara Tax Havens)

"Pertemuan konsultasi ini dimaksudkan untuk percepatan pembahasan RUU Tax Amnesty yang merupakan fokus bersama, DPR atau pemerintah," ujar Ade Komarudin seusai pertemuan dengan Presiden.

(Baca: Panama Papers Berpeluang Percepat Pengesahan Tax Amnesty)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement