Tekan Kemacetan, Pemudik Tak Perlu Bayar Tol Berkali-kali

Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2016, 10:17
Tol Cipularang, Jawa Barat
Ahmad Yunus | Katadata

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengintegrasikan pembayaran jalan tol di gerbang Palimanan. Dengan demikian, para pengendara di lintasan itu lebih sedikit melakukan pembayaran ketika mudik Lebaran nanti.

Bagi pengendara dari arah Jakarta hanya bertransaksi di gerbang tol tujuan. Pengguna tol tidak membayar lagi di gerbang tol Cikopo, Plumbon, Ciperna, serta Mertapada sebagaimana selama ini berlaku. (Baca juga: Menkeu Turun Tangan, Tol Batang-Semarang Berjalan Lancar).

Uji coba integrasi pembayaran tersebut digelar pada Senin lalu. “Kalau ada yang kurang, kami evaluasi,” kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna dalam keterangan resmi Kementerian Pekerjaan Umum, Selasa, 14 Juni 2016.

Model pembayaran ini dibagi menjadi dua klaster wilayah. Klaster I meliputi Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Jasa Marga), Cimpek - Purwakarta - Padalarang (Cipularang), Padalarang - Cileunyi (Padaleunyi), serta Jalan Tol Cikopo - Palimanan. Untuk integrasi Klaster II meliputi Jalan Tol Palimanan - Kanci, Kanci - Pejagan, dan Pejagan - Pemalang.

Herry menjelaskan mekanisme pembayaan tarif tol akan dilakukan sebagai berikut: (Baca: Pemerintah Siapkan Antisipasi Banjir Arus Mudik).

♦ Untuk jalur keluar Jakarta, pengguna jalan akan mengambil kartu tol di gerbang Cikarang Utama 1 lalu memberikannya sekaligus membayar transaksi di gerbang Palimanan untuk ruas Klaster I. Setelah itu, pengemudi mengambil kartu tol untuk Klaster II dan membayarnya di gardu keluar sesuai asal tujuan atau menggunakan sistim tertutup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...