Pasca Triwulan I Tax Amnesty, Sri Mulyani Kaji Opsi Amankan APBN

Desy Setyowati
1 Agustus 2016, 21:00
Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani baru akan mengambil langkah-langkah untuk mengamankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016 setelah bulan September nanti. Hal itu mengacu pada berakhirnya periode pertama kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty).  

Sri mengaku, pengawasan terhadap penerimaan ataupun belanja negara dilakukan secara rutin setiap hari. Langkah mendalami kondisi keuangan tersebut hingga pemerintah mengetahui hasil penerimaan dari periode pertama tax amnesty yang rampung akhir September nanti.

Advertisement

Dari situlah akan diketahui lebih jelas penerimaan perpajakan dan dampaknya terhadap anggaran negara secara keseluruhan. "Karena rate (tarif tebusan) yang disampaikan rendah hingga akhir September, diharapkan akan menarik banyak peminat yang berpartisipasi di dalam tax amnesty," ujar Sri seusai acara sosialisasi tax amnesty di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (1/8).

Selanjutnya, Kementerian Keuangan akan mengkaji opsi-opsi yang perlu dijalankan untuk mengamankan anggaran hingga akhir tahun nanti. “Dari situ, kami akan lihat apakah akan ada risiko yang bisa kami tangani sampai akhir tahun."

(Baca: Jokowi Ramal Banjir Dana Tax Amnesty Akhir Agustus)

Sekadar informasi, Kementerian Keuangan menargetkan tambahan penerimaan dari tax amnesty tahun ini sebesar Rp 165 triliun. Tambahan itu diharapkan bisa menutupi seretnya penerimaan negara tahun ini.

Hingga akhir semester I ini, realisasi pendapatan negara dan hibah Rp 634,7 triliun atau baru 35,5 persen dari target APBNP 2016 yang sebesar Rp 1.786,2 triliun. Sedangkan realisasi belanja negara Rp 865,4 triliun atau 41,5 persen dari pagu yang sebesar Rp 2.082,9 triliun.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement