Menteri Luhut Sebut Banyak Inefisiensi di Sektor ESDM

Miftah Ardhian
3 Agustus 2016, 19:49
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengaku menemukan banyak inefisiensi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Inefisiensi ini yang dianggap menjadi penghambat pelaksanaan kebijakan selama ini.

“Inefisiensinya Banyak, macam-macam. Ada aturan, ada upaya-upaya untuk memperlambat juga, banyak hal,” ujarnya.

Dia mengatakan ada banyak hal yang menyebabkan adanya inefisiensi di Kementerian ESDM. Bukan hanya dari internal kementerian, inefisiensi ini juga dipengaruhi adanya pihak eksternal yang mengganggu kinerja Menteri ESDM sebelumnya.

(Baca: Sudirman "Titip" 7 Pencapaian kepada Menteri ESDM Baru)

Menurutnya gangguan dari pihak eksternal bukan hanya mafia. Dia tidak menganggap gangguan dari pihak eksternal ini mafia. Isu mafia di sektor migas sempat santer dan menjadi salah satu penyebab pemerintah membubarkan anak usaha PT Pertamina (Persero), yakni Pertamina Energy Trading Limited (Pertal).

Luhut mengakui, memang masih banyak mafia-mafia di sektor energi yang mencoba mengambil keuntungan di tengah kinerja Menteri ESDM yang baru yaitu Arcandra Tahar. Namun, dirinya enggan menyebut siapa yang dimaksud pihak-pihak yang dikatakan sebagai mafia yang menyebabkan inefisiensi tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...