Pertamina Terancam Tak Bisa Serap Gas Impor dari AS

Anggita Rezki Amelia
11 November 2016, 13:34
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Pertamina

PT Pertamina (Persero) terancam tidak bisa menyerap gas alam cair (LNG) yang sudah dibeli dari Cheniere Energi Inc. Salah satu penyebabnya, hingga saat ini Pertamina belum mendapat kepastian mengenai izin impor LNG dari pemerintah.

Senior Vice President Gas and Power Pertamina Djohardi Angga Kusumah mengatakan saat ini perusahaan memiliki dua pertimbangan terkait penyerapan gas dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Dua hal tersebut adalah mengenai harga dan perizinan impor dari pemerintah.

(Baca: Kargo Domestik Tak Laku, Kementerian Energi Tolak Impor LNG)

Dari tinjauan harga, impor gas ini dinilai tidak kompetitif saat ini. Pertamina membeli gas dari Cheniere pada 2014, yakni saat harga minyak dunia masih mencapai titik US$ 100 per barel. Sehingga gas tersebut masih kompetitif, untuk di bawa ke Indonesia. Namun, saat ini harga minyak terus menurun, bahkan berada di bawah US$ 50 per barel.

Di sisi lain juga Pertamina butuh kepastian izin impor dari pemerintah, agar gas tersebut bisa masuk ke dalam negeri. “Jadi kami mau mengevaluasi lagi, kalau memang kompetitif dan izin impornya bisa dilakukan kami bawa ke Indonesia untuk mengisi defisit pasokan LNG di 2019,” kata dia di Jakarta, Selasa (8/11).

(Baca: Terancam Defisit, Pertamina Mulai Impor LNG)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...