Akhir 2016, Baru Rp 1 Triliun Dana Repatriasi Masuk Pasar Modal

Desy Setyowati
30 Desember 2016, 16:54
Bursa KATADATA | Agung Samosir
Bursa KATADATA | Agung Samosir

Aliran masuk dana ke dalam negeri (repatriasi) dari hasil program pengampunan pajak masih minim, terutama ke pasar modal. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga akhir tahun ini baru sekitar Rp 1 triliun dana repatriasi yang mengalir ke pasar modal. Padahal, total dana yang dibawa pulang sejak program tersebut bergulir medio Juli lalu mencapai Rp 141 triliun.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengungkapkan, sebesar Rp 1 triliun dana repatriasi sudah masuk ke pasar modal. Dana itu diinvestasikan ke beberapa instrumen investasi, seperti reksadana pendapatan tetap (fixed income) dan obligasi.

Advertisement

(Baca: Ikut Tax Amnesty, Cuma 1 Persen WNI di Singapura Pulangkan Harta)

Sebagian dana tersebut juga sudah masuk ke instrumen investasi properti di pasar modal yaitu Dana Investasi Real Estate (DIRE). “Sudah masuk ke reksadana dan  Kontrak Pengelola Dana (KPD), ada juga yang reksadana pendapatan tetap dan DIRE tapi masih kecil nilainya,” kata Nurhaida usai konferensi pers akhir tahun OJK di Jakarta, Jumat (30/12).

Meski begitu, dia optimistis, minat peserta amnesti pajak untuk berinvestasi di pasar modal tetap tinggi. Sebab, imbal hasil (return) yang ditawarkan lebih tinggi ketimbang dananya hanya disimpan di perbankan.

Khusus untuk menarik minat berinvestasi DIRE, Nurhaida berjanji akan berusaha agar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) diturunkan dari saat ini sebesar 5 persen. Jika berhasil, penurunan ini akan melengkapi insentif lainnya berupa penghapusan pajak dividen dan pemangkasan tarif Pajak Penghasilan (PPh) dari lima persen menjadi 0,5 persen.

(Baca: Jokowi Sebut Tax Amnesty Indonesia Terbaik di Dunia)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement