Pekan Depan, Pertamina Uji Coba Minyak Asal Iran di Kilang Cilacap

Anggita Rezki Amelia
7 Februari 2017, 19:21
kilang cilacap
Katadata
Kilang Cilacap

PT Pertamina (Persero) bersiap melakukan uji coba minyak mentah asal Iran untuk memasok kilang minyak di Cilacap. Proses uji coba tersebut sempat tertunda dari jadwal semula pada kuartal III tahun lalu.

Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) PT Pertamina (Persero) Daniel Purba mengatakan, minyak asal Iran untuk uji coba pasokan Kilang Cilacap akan tiba di Indonesia pada pekan depan, tepatnya 19 Februari mendatang. Kepastian itu diperoleh setelah adnaya proses pemuatan (loading) minyak ke kapal pada 4 Februari lalu.

Jadi, saat ini minyal asal Iran itu tengah dalam perjalanan menuju Indonesia. "Setelah sampai (di Kilang Cilacap), uji coba akan dilakukan selama dua minggu," katanya di Jakarta, Selasa (7/2).

Daniel merinci, setelah dilakukan uji coba maka Pertamina akan mengevaluasi hasil olahan minyak asal Iran itu di Kilang Cilacap. Evaluasi meliputi kajian aspek teknis, dampak pengolahan minyak terhadap kilang, serta kualitas produk yang dihasilkan.

"Khususnya mengenai bagaimana kualitas minyaknya terhadap produk lubricant, nanti kami evaluasi," ujar dia.  (Baca: Uji Coba Minyak Iran di Kilang Cilacap Terhambat Proses Negosiasi)

Sekadar informasi, pembelian minyak mentah dari Iran tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama Pertamina dan Iran. Ini merupakan buah hasil kunjungan Pemerintah Indonesia dan Presiden Joko Widodo saat melawat ke Iran pada akhir tahun lalu.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...