Perawatan Selesai, Kilang Balikpapan Siap Beroperasi Penuh

Arnold Sirait
17 April 2017, 16:16
Kilang Balikpapan
Katadata

PT Pertamina (Persero) menyatakan siap mengoperasikan Kilang Balikpapan secara penuh. Ini bisa dilakukan karena Kilang Balikpapan II sudah bisa beroperasi kembali setelah 42 hari melakukan perawatan (turn around) sejak 6 Maret 2017 .

Sesuai prosedur (Standard Operating Procedure/SOP), Kilang Balikpapan II beroperasi secara bertahap sejak 3 April 2017. “Pertamina RU V Balikpapan mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak selama masa Turn Around Kilang Balikpapan II,” kata GM Pertamina Refinery Unit V Yulian Dekri, dalam keterangan resminya, Senin (17/4).

(Baca: Pertamina Proses Pengadaan Barang Kilang Balikpapan Oktober)

Turn Around adalah perawatan berkala kilang secara menyeluruh yang bertujuan untuk menjaga performa produksi ke depan. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala setiap 3 sampai 4 tahun sekali. Kegiatan ini juga melibatkan sekitar 3.500 orang, sebagai upaya pelibatan tenaga kerja lokal di Balikpapan dan sekitarnya.

Perawatan ini dilakukan dengan konsisten pada  aspek keselamatan, kesehatan kerja dan perlindungan lingkungan. “Komitmen kami adalah melaksanakannya sesuai target Turn Around Excellent, yaitu tidak ada accident (kecelakaan), tidak ada fatality, tidak ada kebakaran, dan tidak ada pencemaran lingkungan, kualitas mutu terbaik, tepat waktu, dan tepat biaya" ujar Yulian.

Sebelum melakukan aktifitas di area kilang, tenaga kerja wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pagi dan malam di Gerbang 4A. Pemeriksaan ini meliputi tekanan darah dan kondisi fisik dan untuk pekerjaan diketinggian dan area tertutup (Confined space) yang dilengkapi dengan lolos hasil pemeriksaan MCU.  Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan tenaga kerja yang bekerja di dalam kilang dalam kondisi fisik yang bugar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...