Menteri Susi Angkat Mantan Bos PPATK Jadi Irjen Baru KKP

Image title
21 April 2017, 10:21
Susi ikan
ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menyampaikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, Jumat (3/2/2017).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melantik Muhammad Yusuf sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebelum hijrah ke KKP, Yusuf pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. 

Yusuf mengisi pos yang ditinggal Andha Fauzie Miraza yang memasuki masa pensiun. “Saya ucapkan selamat datang Pak Yusuf dalam tim KKP. Saya sudah bekerja bersama Bapak mungkin sudah cukup lama, meskipun tidak sama-sama di KKP,” kata Susi dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (20/4). 

Susi berpesan kepada Irjen yang baru, agar tak goyah atas tekanan dari berbagai pihak. Ia mengingatkan, tugas sebagai Irjen cukup berat dalam mengurusi kepegawaian dan internal KKP. Apalagi, ketika dikaitkan dengan tugas melindungi sumber daya perikanan.

(Baca juga:  Keluhkan Birokrasi, Menteri Susi: Seperti Cabut Gigi Kerbau

Sebab saat ini nelayan negara-negara seperti Tiongkok, Thailand, dan Vietnam tengah tertekan oleh kebijakan moratorium yang dilakukan oleh pemerintah negaranya masing-masing. Alhasil, kecenderungan untuk mencari tangkapan ikan sampai ke perairan Indonesia kian besar.  

Susi menyebut, tangkapan ikan nelayan Indonesia tahun lalu telah mencapai 40 persen lebih tinggi dari target. Namun ia mengingatkan agar kelebihan itu diutamakan untuk meningkatkan konsumsi protein di dalam negeri, bukan untuk diekspor semua.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...