Calon Mitra Pertamina Ajukan Proposal Garap Kilang Balikpapan

Image title
22 Juni 2018, 20:07
Kilang Balikpapan
Arief Kamaludin | Katadata
Kilang Balikpapan

PT Pertamina (Persero) membuka peluang bagi pihak yang ingin menjadi mitra dalam menggarap proyek Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan sudah ada beberapa perusahaan yang mengajukan proposal secara resmi.

“Ada proposal yang masuk, hari ini baru mau dibahas sama tim, saya ingin lihat progresnya,” kata Nicke di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Jumat (22/6). (Baca: Pertamina Cari Mitra di Proyek Modifikasi Kilang Balikpapan)

Sayangnya, Nicke tidak menyebutkan lebih detail berapa banyak proposal yang masuk. Tapi, dengan adanya proposal yang masuk ini, Pertamina menargetkan untuk mendapatkan mitra di Kilang Balikpapan ini pada tahun ini.

Pada awalnya, Pertamina ingin menjalankan proyek itu secara mandiri. Namun, niat ini urung dilakukan, mengingat kebutuhan dana yang besar untuk menggarap proyek tersebut. Taksirannya, investasi untuk proyek Kilang Balikpapan bisa mencapai US$ 5,3 miliar.

Akhirnya perusahaan pelat merah ini membuka tawaran bagi perusahaan lain untuk bermitra. "Kami buka partnership," kata Nicke beberapa waktu lalu. 

(Baca: Tahun Ini, Pertamina Akan Kucurkan Rp 7 T untuk Kilang Balikpapan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...