Posisi Anies Makin Kuat Digadang Koalisi Penantang Jokowi

Dimas Jarot Bayu
6 Juli 2018, 22:41
Anies Baswedan saat penyegelan di Pulau D
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau penyegelan di Pulau D reklamasi Teluk Jakarta, Jakarta, Kamis (7/6/2018)

Wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai kandidat di Pemilihan Presiden 2019 sebagai penantang petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin menguat.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memberikan sinyal siap menerima Anies sebagai cawapres. "Pak Anies salah satu calon, tokoh muda yang kami pandang capable. Jadi saya kira beliau calon serius juga. Calon wakil yang serius," kata Prabowo dikutip dari Kompas.com, di Jakarta, Jumat (6/7).

Keputusan terkait cawapres masih harus dibiicarakan bersama mitra koalisi Partai Gerindra, antara lain PKS dan PAN. "Kami ingin menggodok dengan teman mitra saya yang selama ini selalu bersama saya yaitu PKS dan PAN," kata Prabowo.

(Baca juga: Peluang Anies Hadapi Jokowi Makin Besar bila Prabowo Mundur Capres)

Selama ini pembahasan cawapres Prabowo terganjal ketidaksepakatan para partai pendukung. Seperti PKS yang lebih memilih mendukung Anies sebagai capres.  Dukungan terhadap Anies maju sebagai capres dideklarasikan hari ini oleh relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES). 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto menyatakan partainya tertarik mengusung Anies sebagai capres. Anies dianggap sebagai figur baru yang masih muda dan dapat diterima banyak pihak.

Bahkan, Ketua DPP PAN Yandri Susanto menyatakan, partainya siap tidak menuntut jatah cawapres, bila "Prabowo-Anies" duet di Pilpres 2019.

Pengamat politik dari President University, Muhammad AS Hikam mengatakan, Anies dapat menjadi penengah di antara para koalisi penantang Jokowi lantaran dia pernah pula diusung Gerindra, PKS, dan PAN dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...