Presiden Jokowi: Ini Peluang Bisnis bagi Anda

Image title
Oleh
11 November 2014, 09:19

KATADATA - Pemerintah Indonesia akan menaikkan harga bahan bakar minyak dalam waktu dekat. Sebagian dana dari penghematan subsidi tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

"Kami ingin mengalihkan anggaran dari subsidi BBM yang bersifat konsumtif pada kegiatan yang produktif," kata Presiden di APEC CEO Forum di Beijing, 10 November 2014.

Anggaran sebesar US$ 27 miliar untuk subsidi BBM, menurut Jokowi, terlampau besar. Dari hasil penghematan subsidi tersebut, pemerintah akan membangun tol laut, rel kereta, bandara, waduk, jalan raya, pembangkit listrik dan lainnya.

Dalam lima tahun ke depan, kami akan membangun 24 pelabuhan dan tol laut," katanya seperti ditulis Wall Street Journal. Pelabuhan tersebut akan dibangun di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dia mengemukakan akan membangun jaringan kereta dan transportasi massal di enam kota besar, termasuk Jakarta, Bandung dan Surabaya. Infrastruktur lainnya adalah pembangkit listrik untuk mendukung industri manufaktur.

"Ini peluang bisnis bagi Anda," kata Jokowi di hadapan para pebisnis  Asia Pasifik.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami