Skandal Mantan PM Australia, Diam-diam Rangkap Jabatan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
16 Agustus 2022, 16:50
Australia
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Mantan Perdana Menteri Australia Scott Morrison beserta istrinya Jenny Morrison.

Mantan Perdana Menteri Australia Scott Morrison mendapat sorotan karena secara diam-diam memegang lima peran dalam kementerian selama masa pemerintahannya. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengungkapkan hal itu kepada publik.

Albanese menyebut tindakan Morrison sebagai "penghancuran demokrasi kami yang belum pernah terjadi sebelumnya". Skandal ini membuat publik menuntut Morrison mengundurkan diri sebagai anggota parlemen.

Albanese mengatakan mendapatkan informasi soal skandal itu dari Departemen Perdana Menteri dan Kabinet. Saat menjabat, Morrison sekaligus menjadi menteri di bidang kesehatan, keuangan, perbendaharaan, urusan dalam negeri dan sumber daya selama dua tahun.

"Ini sengaja merusak checks and balances yang sangat penting dan esensial bagi demokrasi kita", kata Albanese dikutip dari BBC, Selasa (16/8).

Albanese mengatakan apa yang dilakukan Morrison itu sesuatu yang luar biasa karena disembunyikan dari para pemilih Australia. Dia akan meminta nasihat hukum atas tindakan Morrison dari Jaksa Agung Australia.

Beberapa menteri di bawah pemerintahan Morrison tak menyadari soal portofolio tambahan itu. Menteri keuangan saat itu Mathias Cormann, menyatakan tidak menyadari berbagi pekerjaan dengan Morrison.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...