Ribuan Warga Ancam Unjuk Rasa di Vico

Adek Media Roza
6 Agustus 2015, 09:02
Katadata
KATADATA
Pemasangan kawat berduri untuk antisipasi aksi massa.

KATADATA ? Ribuan warga Muara Badak, Kutai Kartanegara, hari Kamis ini (6/8) mengancam kembali berunjuk rasa di depan kantor Vico Indonesia di Muara Badak. Aksi ini dilakukan setelah hasil mediasi antara manajemen Vico Indonesia dengan masyarakat Muara Badak, terkait tak diperbaruinya kontrak pekerja, pada Rabu malam (5/8), tidak membuahkan hasil.

?Karena hasil pertemuan tidak sesuai harapan, dan yang hadir dari Vico bukanlah orang yang bisa mengambil keputusan, maka aksi akan tetap dilanjutkan,? ujar Samsul Bahri, perwakilan pekerja.

Dalam pertemuan di Hotel Aston, Samarinda, Vico tidak bersedia memperbarui kontrak 23 pekerja. Selain itu, Vico tetap akan mengurangi ratusan orang pekerja subkontraktor pada bulan September mendatang. Akibatnya, rapat sempat ricuh. Beberapa warga yang hadir di rapat semalam sempat melempar mediator Vico.

Untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa pada Kamis pagi ini, delapan kompi pasukan polisi diturunkan untuk menjaga keamanan di sekitar perusahaan. Petugas keamanan Vico juga sudah bersiaga, sekaligus memasang pagar kawat berduri yang dibawa oleh polisi dari Bontang.

Pada Kamis pagi, pukul 7.00 WITA, massa belum banyak yang berkumpul di depan kantor Vico di Muara Badak. Namun, diperkirakan pada pukul 9.00 WITA, jumlah massa yang berhimpun diklaim bakal mencapai ribuan orang. Massa merupakan gabungan dari karyawan subkontraktor, pegawai pemerintah Kutai Kartanegara, serta mahasiswa dari Samarinda.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...