Demi Turunkan Harga BBM, Bangladesh Berniat Beli Minyak Rusia

Adi Ahdiat
27 Agustus 2022, 16:44
Ilustrasi: Tambang minyak Rusia.
123rf/Ilkin Quliyev
Ilustrasi: Tambang minyak Rusia.

Pada Agustus 2022 harga bahan bakar minyak (BBM) di Bangladesh naik hingga lebih dari 50%, lantaran pemerintah setempat tak mampu lagi memberi subsidi di tengah kenaikan harga minyak global.

Dalam situasi ini pemerintah Bangladesh pun berniat membeli minyak dari Rusia karena harganya yang lebih murah.

"Akibat perang Rusia-Ukraina, rakyat menderita karena kenaikan harga minyak global. India dan negara-negara lain membeli minyak dari Rusia, jadi kami harus melihat apakah kami dapat ikut membeli (dari Rusia)," kata Perdana Menteri Bangladesh, dilansir Nikkei Asia, Sabtu (27/8/2022).

Menurut laporan Nikkei Asia, sebelumnya Bangladesh biasa mengimpor minyak dari Timur Tengah. Namun, dengan harga minyak yang kini sudah menembus US$100 per barel, Bangladesh mempertimbangkan untuk beralih ke perusahaan Rusia yang menawarkan minyak olahan (refined fuel oil) seharga US$59 per barel.

Bahan bakar yang lebih terjangkau itu diharapkan dapat meringankan tekanan ekonomi di Bangladesh.

"Kami mengalami krisis BBM dan kami adalah negara miskin. Jika kami dapat menghemat beberapa dolar dengan membeli minyak dari Rusia, kami harus melakukannya," kata M. Shamsul Alam, profesor di Universitas Internasional Daffodil Dhaka, Bangladesh, dilansir Nikkei Asia, Sabtu (27/8/2022).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...