Baik untuk Imun Tubuh, Ini 9 Buah yang Mengandung Vitamin C

Image title
7 April 2022, 15:29
Ilustrasi, strawberry, salah satu buah yang mengandung vitamin C.
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Ilustrasi, strawberry, salah satu buah yang mengandung vitamin C.

Buah yang mengandung vitamin C dapat menunjang kesehatan tubuh. Dalam artikel "Vitamin C and Coronavirus" dijelaskan bahwa vitamin C berperan penting dalam pembentukan pembuluh darah, tulang, rawan, otot, dan kolagen sehingga sangat penting untuk penyembuhan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan imun tubuh sehingga mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Selain itu, vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kronis, mengatur tekanan darah tinggi, mencegah asam urat, dan sebagainya.

Advertisement

Untuk memeroleh manfaat tersebut, seseorang tentunya perlu memerhatikan kadar asupan nutrisi vitamin C mereka, tidak kurang dan tidak berlebihan. Untuk orang dewasa, asupan vitamin C berkisar 75-90 miligram (mg) per hari.

Buah yang Mengandung Vitamin C

Salah satu sumber vitamin C yang baik adalah buah-buahan. Dihimpun dari Katadata, berikut buah-buahan yang mengandung vitamin C.

1. Buah Naga

Buah naga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi. Buah tropis ini identik dengan kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Tampilannya unik, rasanya pun lezat, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah naga memiliki segudang nutrisi dan vitamin sehingga sering dijuluki sebagai superfood. Buah ini bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis, meningkatkan imun tubuh, hingga melancarkan pencernaan.

2. Nanas

Nanas adalah jenis buah dari famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr. Tanaman nanas memiliki kulit kasar yang keras dan daun runcing di atasnya. Rasa buah nanas adalah perpaduan manis dan sedikit asam yang segar.

Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, buah nanas mengandung sejumlah besar vitamin C yang membantu melawan kerusakan sel. Vitamin C juga membantu mengatasi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

3. Blackcurrants

Walaupun sudah banyak dijual di beberapa super market, namun buah yang satu ini memang kurang familier. Padahal kandungan vitamin C-nya sangat tinggi yakni sekitar 101 mg untuk sekitar 56 gram blackcurrants. Buah ini bisa mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh sebanyak 112 persen.

Tidak hanya mengandung vitamin C, blackcurrants juga memiliki kandungan flavonoid antioksidan yang juga baik bagi tubuh. Mengonsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

4. Jeruk

Walaupun tergolong buah yang merakyat, kandungan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh ada di buah ini. Bahkan dalam satu buah jeruk sudah mengandung 70 mg vitamin C dan mampu mencukupi 78 persen kebutuhan harian.

5. Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon mencapai 54 miligram, menurut data dari FoodData Central oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Selain dikonsumsi, jeruk lemon juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Studi dalam “Journal of Endourology” menyebutkan, jeruk lemon memiliki kandungan asam sitrat sebanyak 48 g/L.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement