Baik untuk Mata, Ini 8 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin A

Image title
7 April 2022, 15:20
Ilustrasi, buah pepaya. Ilustrasi, Ada banyak buah yang mengandung vitamin A yang dapat dikonsumsi setiap hari, salah satunya pepaya.
Alleksana/Pexels
Ilustrasi, buah pepaya. Ilustrasi, Ada banyak buah yang mengandung vitamin A yang dapat dikonsumsi setiap hari, salah satunya pepaya.

Buah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Oleh karena itu, banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan seseorang untuk memperbanyak konsumsi buah guna memperbaiki ataupun mencegah kondisi kesehatan tertentu, termasuk memperkaya asupan vitamin A.

Tentang Vitamin A

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh ialah vitamin A. Vitamin esensial ini dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Ini juga penting untuk pengenalan sel, penglihatan, fungsi kekebalan, dan reproduksi.

Vitamin A juga membantu kerja jantung, paru-paru, ginjal dan organ lain untuk berfungsi dengan baik. Bahkan, dalam jurnal "Vitamin A dan Carotenoids", beberapa ahli telah melihat apakah asupan karotenoid yang memadai dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat, dan jenis kanker lainnya.

Mengutip Medical News Today, bentuk vitamin A akan tergantung pada sumbernya. Misalnya retinol siap pakai, yang merupakan bentuk aktif vitamin A, hanya berasal dari sumber hewani, seperti daging organ, ikan tuna dan ikan herring.

Sementara, makanan nabati mengandung karotenoid, yang merupakan antioksidan vitamin A. Tubuh mengubahnya menjadi retinol sesuai kebutuhan.

Karotenoid adalah pigmen oranye yang berkontribusi pada warna buah dan sayuran tertentu, termasuk labu, wortel, ubi, blewah, dan buah mangga.

Buah yang Mengandung Vitamin A

Selain segar, buah juga diperlukan sebagai sumber asupan nutrisi serta menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa buah yang mengandung vitamin A:

1. Pepaya

Pepaya berasal dari Amerika Tengah dan tumbuh subur di daerah tropis di mana ada curah hujan yang berlimpah tetapi tidak terlalu dingin karena suhu yang mendekati titik beku dapat merusak tanaman pepaya.

Selain vitamin A, buah ini mengandung banyak nutrisi, di antaranya serat, kalsium, magnesium, kalium, seng, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Banyaknya nutrisi pepaya sejalan dengan manfaat kesehatan yang bisa diperoleh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, sampai melindung kulit dari kerusakan.

2. Pisang

Buah pisang tumbuh tanpa mengenal musim. Setiap orang bisa menyantap buah ini kapanpun mereka mau. Bukan cuma segar, pisang memiliki karakter dan rasa yang berbeda, ada yang manis, memiliki tekstur kenyal, sampai rasa yang sedikit masam.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...