Ragam Manfaat Vitamin C Berdasarkan Penelitian

Image title
4 Januari 2022, 13:31
Ilustrasi manfaat vitamin C.
Pexels/PhotoMIX Company
Ilustrasi manfaat vitamin C.

Vitamin C merupakan satu dari sekian nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengutip Kementerian Kesehatan, setiap orang dewasa memerlukan asupan asam askorbat sekitar 75-90 mg (miligram) setiap hari.

Di samping itu, di masa pandemi seperti sekarang, nutrisi yang satu ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19.

Menurut direktur nutrisi WebMD, Kathleen M. Zelman, vitamin C merupakan salah satu nutrisi paling aman dan efektif untuk meningkatkan kesehatan. Hal tersebut juga disetujiui oleh banyak ahli gizi. Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan prenatal, hingga penyakit mata dan kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Seminars in Preventive and Alternative Medicine yang mengamati lebih dari 100 penelitian selama sepuluh tahun mengungkapkan sejumlah kemungkinan temuan manfaat vitamin C yang semakin bertambah.

"Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik pemahaman kita tentang betapa beragamnya vitamin C dalam melindungi kesehatan kita, mulai dari kardiovaskular, kanker, stroke, kesehatan mata, kekebalan hingga hidup lebih lama," ucap peneliti Mark Moyad seperti dikutip dari WebMD.

Manfaat Vitamin C

1. Tekanan Darah Tinggi

Manfaat vitamin C telah lama digunakan sebagai pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hanya saja, sebuah studi 2012 menemukan bahwa dosis tinggi vitamin C (500 mg/ hari) hanya berdampak kecil untuk menurunkan tekanan darah sistolik.2

2. Mengobati Flu

Manfaat vitamin C juga dikatakan mampu mengobati dan mencegah penyakit flu. Sebuah studi pada 2016 menemukan bahwa suplemen vitamin C dapat mencegah dan membantu membuat pilek tidak terlalu parah dan berlarut-larut.

3. Penyakit Jantung dan Kanker

Penelitian menunjukan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Antioksidan dalam vitamin C dapat mengurangi stres oksidatif yang terkait dengan penyakit mematikan ini.

Di samping itu, sebuah tinjauan pada 2013 menemukan bahwa nutrisi ini dapat membantu mencegah stroke, khususnya pada orang yang memiliki asupan vitamin C rendah sebelum pengobatan atau berisiko tinggi terkena stroke. 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Sebuah studi pada 2001 menemukan bahwa suplemen vitamin C dapat memperlambat perkembangan Degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD) sebesar 25%. AMD adalah kondisi gangguan mata yang menyebabkan penderitanya kehilangan pengelihatan.

Selain itu, vitamin C telah dipelajari sebagai metode untuk mencegah jenis katarak tertentu. Sebuah tinjauan tahun 2014 menemukan bahwa 135 mg vitamin C harian mungkin berguna dalam hal ini. Studi ini juga menemukan bahwa dosis minimal 363 mg dapat mengurangi risiko terkena katarak hingga 57%.

5. Mencegah Asam Urat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah dan melindungi tubuh dari serangan asam urat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...