Jarang Diketahui, Ini Manfaat Kulit Jeruk dan Efek Sampingnya

Image title
1 November 2021, 18:28
Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan
Pixabay
Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan

Jeruk merupakan buah yang kaya akan nutrisi, terutama vitamin C. Memiliki cita rasa manis dan asam membuat jeruk menjadi favorit banyak orang. 

Melansir jurnal berjudul Uji Aktivitas Antioksidan Pada Kulit Jeruk Manis (Citrus Sinensis) sebagai Alternatif Bahan Pembuatan Masker Wajah, daging buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang mampu menambah daya tahan tubuh

Selain buahnya yang baik untuk dikonsumsi dan menyehatkan, daun jeruk juga kerap digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma dalam masakan. Tak hanya itu, kulit jeruk pun memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. 

Kulit jeruk memiliki kandungan manfaat yang tidak kalah banyak dibandingkan dengan kandungan buah jeruknya sendiri. Zat bermanfaat yang terkandung dalam kulit jeruk salah satunya adalah minyak atsiri. Kandungan kulit jeruk juga membawa banyak manfaat bagi manusia.

Minyak atsiri adalah sejenis minyak nabati yang dapat berubah mengental bila diletakkan pada suhu ruangan. Minyak ini mengeluarkan aroma yang sangat khas dan biasa digunakan sebagai bahan pembuat minyak gosok alami yang digunakan untuk pengobatan dan kosmetika.

Kulit jeruk mengandung atsiri yang terdiri dari berbagai komponen seperti tepen, sesquiten, aldehida, ester, dan sterol. Kandungan minyak kulit jeruk yang begitu banyak sehingga dapat digunakan sebagai flavour atau perasa produk minuman, kosmetika, dan sanitari.

Manfaat Kulit Jeruk

Kandungan yang terdapat dalam kulit jeruk ini banyak dimanfaatkan sebagai penenang, obat anti nyamuk, hingga penghalus kulit.

Berikut manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Kulit Jeruk Membantu Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan flavonoid dalam kulit jeruk dapat menghambat protein (disebut sebagai RLIP76) yang terkait dengan kanker. Kulitnya juga mengandung senyawa lain yang disebut limonene, yang dapat mengurangi risiko kanker.

Penelitian lain mengungkapkan tentang kemanjuran kulit jeruk secara umum dalam mencegah aktivitas kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Paru

Berkat kandungan vitamin C yang sangat baik, kulit jeruk membantu membersihkan paru-paru. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menangkal dan mencegah infeksi paru-paru. Kulit Jeruk bisa membantu kamu mengeluarkan dahak dengan membersihkan paru-paru. Imunitas yang ditingkatkan juga mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

3. Mencegah Diabetes

Kulit jeruk kaya akan pektin, yaitu serat yang dikenal dengan kadar gula darah. Tentunya ini bisa membantu penderita diabetes. Penelitian juga membahas cara mengatasi dengan ekstrak kulit dapat membantu mencegah nefropati diabetic.

4. Memperkuat Jantung

Flavonoid yang disebut hesperidin, telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah. Kulit jeruk juga memiliki sifat anti-inflamasi dan karena penyakit jantung disebabkan oleh peradangan, kulit jeruk dapat membantu dalam memperkuat jantungmu.

Kumpulan senyawa lain dalam kulit jeruk adalah flavon polymethoxylated, yang bisa menurunkan kadar kolesterol lebih baik daripada obat tertentu.

5. Menurunkan Berat Badan

Jeruk mengandung kalori rendah, yang merupakan salah satu alasan jeruk menjadi tambahan yang bagus untuk diet kamu. Dan kulitnya dipenuhi dengan serat makanan, yang mengendalikan nafsu makan dan membuat kamu enggan makan. Kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang dikenal membantu membakar lemak.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...