8 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium

Image title
15 Juni 2022, 15:31
makanan tinggi kalsium
Unsplash/dhanya purohit
Ilustrasi, kacang almond yang masuk dalam kategori makanan tinggi kalsium.

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak dalam tubuh. Nutrisi ini juga penting untuk kesehatan. Bukan cuma membentuk dan memperbaiki tulang dan gigi, kalisum juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot, dan saraf.

Meneruskan jurnal dalam Natoinal Institutes of Health, orang dewasa disarankan mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari. Sedangkan beberapa kelompok tertentu seperti remaja, manula, dan wanita pascamenopause, membutuhkan jumlah yang lebih tinggi.

Advertisement

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Anda bisa memerolehnya dari berbagai jenis makanan atau minuman yang mudah dijumpai sehari-hari.

Makanan Tinggi Kalsium

Meneruskan katadata, Healthline, dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut beberapa makanan tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Biji-bijian

Beberapa di antara biji-bijian mengandung kalsium yang cukup tinggi, seperti biji poppy, wijen, seledri, dan biji chia. Misalnya, satu sendok makan (9 gram) biji poppy mengandung 127 mg kalsium atau 10 persen dari kebutuhan nutrisi harian yang direkomendasikan.

Selain itu, biji memberikan protein dan lemak sehat. Salah satunya biji chia yang kaya akan asam lemak omega-3 nabati.

Sementara itu, biji wijen mengandung 7 persen kebutuhan harian kalsium dalam satu sendok makan (9 gram), ditambah mineral lainnya, termasuk tembaga, besi, dan mangan.

2. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini pasti semua orang sudah mengenalnya. Biasanya bayam dikonsumsi dalam bentuk sup bening dan tak jarang orang membuatnya sebagai keripik.

Di dalam satu mangkuk kecil sayur bayam, ternyata bisa memenuhi kebutuhan kalsium sekitar 25 persen. Tidak hanya itu saja, bayam juga memiliki kandungan zat besi, vitamin C, dan serat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

3. Keju

Sebagian besar keju adalah sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Keju parmesan, misalnya, mengandung 242 mg atau 19 persen dari kebutuhan harian.

Dalam jurnal "Calcium Revisited, part III: Effect of Dietary Calcium on BMD and Fracture Risk", kelebihan lain dari makanan ini ialah tubuh lebih mudah menyerap kalsium dalam produk susu daripada yang berasal dari sumber nabati.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement