Cara Membuat Pidato Beserta Tips sebelum Membacanya

Image title
6 Juli 2022, 15:07
cara membuat pidato
Sekretariat Presiden
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Laporan Tahunan Komisi Yudisial 2021 di Istana Negara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Selain itu, pidato bisa diartikan proses penyampaian dan penanaman pikiran, informasi, atau gagasan dari pembicara ke khalayak ramai.

Mengutip buku "Bahasa Indonesia untuk SMA/MA" oleh Andi Prasetiyo dan Natalia Sri Sulanjari, tujuan pidato dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu:

  • Memberitahukan sesuatu kepada pendengar (instruktif).
  • Menghibur atau menyenangkan pendengar (rekreatif).
  • Memengaruhi pendengar (persuasif).

Peranan pidato dalam menyampaikan ide atau informasi secara lisan kepada kelompok massa merupakan aktivitas penting, baik pada masa lalu maupun pada masa mendatang. Sesorang yang sudah mahir berbicara di depan umum akan dengan mudah menguasai massa dan menawarkan ide-idenya agar dapat diterima oleh orang lain.

Cara Membuat Pidato

Agar dapat berpidato dengan baik, ada beberapa hal yang mesti disiapkan, salah satunya teks pidato. Dalam menulis teks pidato, Anda harus dapat mengungkapkan atau menyampaikan pikiran, perasaan, gagasan, dan meyakinkan pendengar mengenai suatu hal. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan teks pidato dengan baik adalah sebagai berikut:

  • Memilih topik pidato.
  • Mengumpulkan bahan. Setelah topik pidato ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya atau secukupnya mengenai topik tersebut.
  • Membuat kerangka teks pidato. Secara umum teks pidato terdiri atas lima bagian, yaitu salam pembuka, pendahuluan, isi, penutup, dan salam penutup.
  • Mengembangkan kerangka pidato yang telah dibuat agar menjadi sebuah uraian yang lengkap dan detail dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan efektif agar mudah dipahami pendengar.

Struktur Teks Pidato

Struktur dari teks pidato adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa struktur teks pidato yang bisa menyusun teks pidato secara utuh dan berkesinambungan. Struktur teks pidato adalah sebagai berikut:

1. Salam Pembuka

Struktur yang pertama dari teks naskah pidato yaitu salam pembuka. Salam pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato.

Contoh dari salam pembuka naskah pidato yaitu seperti Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi, dan lain sebagainya.

2. Ucapan Penghormatan

Struktur kedua teks pidato adalah ucapan penghormatan. Ucapan penghormatan tersebut biasanya diberikan kepada pejabat tinggi yang telah hadir dalam acara yang ada dalam pidato tersebut.

Contohnya seperti yang dilakukan pada acara sekolah, ada beberapa ucapan penghormatan yang diberikan kepada kepala sekolah dan juga bapak ibu guru.

3. Ucapan Syukur

Bagian teks pidato selanjutnya adalah ucapan syukur. Bagian tersebut biasanya berisi tentang rasa syukur karena bisa berkumpul bersama dengan para hadirin.

4. Isi Pidato

Isi dari pidato adalah bagian yang paling penting dalam pidato. Bagian tersebut berisikan tentang gagasan, informasi, ide atau hal lainnya yang disampaikan kepada orang yang hadir. Tentu saja isi dari teks pidato sangat berkaitan dengan tema pidato.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...