Memahami Pengertian Kerja Sama dan Faktor yang Mempengaruhinya

Siti Nur Aeni
15 Juli 2022, 08:57
pengertian kerja sama
123rf.com
Ilustrasi, kerja sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering mendengar istilah kerja sama. Pengertian kerja sama sering dimaknai sebagai bekerja secara bersama-sama dan saling bantu untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Kerja dalam konteks positif, bisa memberikan banyak manfaat bagi kehidupan menusia. Tak hanya itu, kerja sama juga bisa membuat hubungan antar individu menjadi lebih dekat dan akrab.

Advertisement

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar konsep kerja sama, dari pengertian, tujuan, manfaat, hingga faktor-faktor yang mempengaruhinya. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Pengertian Kerja Sama

Melihat pada keterangan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Sementara itu dalam eprints.uny.ac.id, pengertian kerjasama merupakan sikap ingin melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama tanpa melihat latar belakang orang yang diajak bekerjasama untuk mencapai tujuan.

Kemampuan kerja sama mampu meningkatkan rasa percaya diri, interakasi, dan melatih seseorang beradaptasi dengan lingkungan baru. Karakter kerjasama ini bisa ditanamkan, dilatih, dan dikembangkan lewat berbagai cara.

Tujuan Kerja Sama

Kerja sama merupakan tindakan positif yang perlu dikembangkan. Berdasarkan keterangan di eprints.uny.ac.id, berikut ini sejumlah tujuan dari kerja sama yang perlu dipahami:

  1. Mengembangkan tingkat pemikiran yang tinggi, keterampilan komunikasi, minat, percaya diri, kesadaran bersosial, hingga toleransi.
  2. Mengembangkan cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah.
  3. Mendorong ekplorasi yang melibatkan beragam sudut pandang.
  4. Menumbuhkan hubungan yang saling mendukung dan menghargai anatar sesama.

Dari beberapa poin yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa tujuan kerja sama yaitu mempermudah manusia untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama dan mempermudah individu menghadapi masalah.

Manfaat Kerja Sama

Sebagai tindakan terpuji, kerja sama memiliki sejumlah manfaat. Adapun beberapa manfaat kerja sama, sebagai berikut:

  1. Mengembangkan aspek moralitas dan interaksi sosial.
  2. Membentuk pribadi yang terbuka dan menerima perbedaan.
  3. Membentuk individu yang aktif dan kreatif dalam mengembangkan analisisnya.
  4. Membentuk kekompakan dan keakraban.
  5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menyelesaikan konflik.
  6. Mengurangi aspek negatif dari kompetisi.
  7. Menanamkan pemahaman saling membantu antar sesama.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka bisa diketahui bahwa manfaat kerja sama yaitu mewujudkan kesepakatan antar dua orang atau lebih untuk saling membantu. Dengan demikian, keuntungan atau kerugian yang dicapai bersifat proporsional atau sesuai perannya masing-masing.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement