7 Maskapai Terbaik di Dunia Versi APEX World Class Award 2022

Image title
26 Juli 2022, 11:50
maskapai terbaik di dunia
Emirates.com
Ilustrasi, maskapai penerbangan Emirates, yang merupakan salah satu maskapai terbaik di dunia.

Setiap tahun, Airline Passenger Experience Association (APEX) merilis daftar maskapai terbaik di dunia yang menerima penghargaan World Class. APEX merupakan asosiasi maskapai internasional yang didedikasikan untuk meningkatkan pengalaman penumpang.

Penghargaan APEX World Class diberikan kepada maskapai penerbangan terbaik di dunia dalam pencapaian standar internasional keselamatan, kesejahteraan, keberlanjutan, layanan, dan inklusivitas.

Penilaian dilakukan dengan audit ekstensif oleh para profesional di Yates and Partners, tinjauan sejawat oleh Associate Professor Dr. Max Winchester di Victoria University di Melbourne, serta ulasan penumpang berdasarkan Net Promoter Score (NPS) selama satu tahun.

Berikut daftar maskapai terbaik di dunia versi APEX World Class 2022.

1. Emirates

Emirates adalah maskapai penerbangan global yang melayani 150 bandara di 78 negara dari pusatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Berdasarkan The Emirates Group Annual Report 2021-2022, hingga 31 Maret 2022, Emirates mengoperasikan lebih dari 1.100 penerbangan penumpang mingguan ke 127 bandara di seluruh dunia.

Pada 2021-2022, Emirates memperkuat kemitraan strategisnya dengan Qantas dan flydubai, serta memperluas kemitraan interline dan codeshare di seluruh Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia termasuk dengan Aeromar, airBaltic, Airlink, Azul, Cemair, Garuda Indonesia, Gulf Air, Maladewa, South African Airways dan TAP Air Portugal.

Emirates juga menandatangani perjanjian dan meluncurkan inisiatif dengan mitra pariwisata di berbagai tujuan untuk mendukung pemulihan perjalanan dan pariwisata. Dengan peningkatan kapasitas secara signifikan di sebagian besar pasar, total pendapatan Emirates meningkat 91% menjadi US$16,1 miliar.

Atas pencapaiannya, APEX memberi penghargaan World Class pada Emirates sebagai salah satu maskapai terbaik di dunia, terutama dalam aspek hiburan selama penerbangan dan eksekusi layanan yang elegan.

2. Japan Airlines

Japan Airlines (JAL) merupakan maskapai yang didirikan pada 1 Agustus 1951 di Jepang. Per Maret 2021, JAL mengoperasikan 218 pesawat dengan 60 rute internasional dan 132 rute domestik di 368 bandara dalam 63 negara.

Berdasarkan data JAL Group, pendapatan hingga Maret 2022 meningkat 41,9% dari tahun ke tahun menjadi 682,7 miliar yen atau setara dengan US$5 miliar. Selain itu, JAL juga merencanakan untuk mengurangi emisi CO2 dengan penggantian pesawat hemat bahan bakar, inovasi dalam operasi penerbangan, dan penggunaan bahan bakar penerbangan alternatif untuk mengurangi total emisi CO2 menjadi hampir nol pada tahun 2050.

Pencapaian JAL diakui oleh APEX dan diberikan penghargaan World Class sebagai salah satu maskapai terbaik di dunia, terutama dalam aspek keramahan yang luar biasa serta layanan yang konsisten di setiap penerbangan.

3. KLM

KLM merupakan maskapai asal Belanda yang didirikan pada 7 Oktober 1919, menjadikannya maskapai tertua di dunia yang masih beroperasi dengan nama aslinya. KLM memiliki jaringan di 92 kota Eropa dan 70 destinasi antarbenua. Bersama SkyTeam Alliance, KLM menawarkan lebih banyak kemungkinan kepada penumpang, melayani 1.063 tujuan di 173 negara.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...