Aneka Olahan Makanan dari Sorgum, Sederhana dan Bergizi

Image title
24 Agustus 2022, 08:24
olahan makanan dari sorgum
Vijayanarishma/pixabay
Ilustrasi, tanaman sorgum.

Pemerintah tengah mengupayakan substitusi produk impor untuk mengatasi krisis pangan, terutama pada sektor impor gandum. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengajak untuk menanam sorgum sebagai pengganti gandum.

Sorgum merupakan tanaman serealia yang digunakan sebagai pakan ternak, bahan dasar energi biodiesel, dan bahan pangan. Menurut Balai Penelitian Tanaman Serealia dalam artikel berjudul Morfologi dan Fase Pertumbuhan Sorgum, iklim Indonesia dan lahannya cocok untuk budidaya sorgum.

Advertisement

Tanaman sorgum sekeluarga dengan tanaman serealia lainnya, seperti padi, jagung, hanjeli dan gandum. Di negara-negara berkembang, sorgum dibudidayakan terutama sebagai bahan pangan dan minuman beralkohol atau bahan upacara adat.

Keunggulan sorgum terletak pada daya adaptasinya yang luas, toleran terhadap kekeringan, produktivitas tinggi, serta lebih tahan terhadap hama dan penyakit dibandingkan dengan tanaman pangan lainnya.

Kandungan Gizi Sorgum

Balai Penelitian Tanaman Serealia menjelaskan, sorgum mengandung banyak nutrisi bergizi, salah satunya zat besi (Fe). Terdapat 4 sampai 5,5 miligram zat besi per 100 gram sorgum. Zat besi ini penting untuk pembentukan sel darah merah.

Selain zat besi, sorgum juga memiliki komponen unsur gizi dasar yang tinggi. Kandungan protein sorgum berkisar 10 hingga 13% tergantung varietas dan lahan tempat tumbuhnya. Sorgum juga mengandung tanin dan asam fitat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Sorgum dapat diolah menjadi bahan setengah jadi, seperti dalam bentuk sosoh dan tepung. Bahan tersebut dapat diolah selanjutnya menjadi nasi, bubur, dan sebagainya. Tepung sorgum dapat digunakan sebagai pengganti terigu, terutama bagi konsumen yang alergi gluten.

Resep Olahan Makanan dari Sorgum

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat melalui buku Juknis Aneka Olahan Sorgum merangkum beberapa resep olahan makanan dari sorgum yang dapat dicoba berikut ini.

1. Talam Sorgum

Bahan :

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement