Menilik Gaji Teller Bank, Salah Satu Profesi Incaran Pencari Kerja

Teller bank menjadi profesi yang dekat dengan masyarakat saat akan melakukan kegiatan perbankan. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait teller bank, berikut penjelasan tentang gaji teller bank.
Annisa Fianni Sisma
13 September 2022, 15:46
gaji teller bank
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Ilustrasi, seorang teller menata tumpukan uang yang akan diambil oleh nasabah di Kantor Bank Mandiri Cabang Braga, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/4/2022).

Gaji teller bank merupakan salah satu informasi yang paling banyak dicari, terutama oleh calon pencari kerja (mahasiswa atau siswa/i SMK tingkat akhir). Ini tidak mengherankan, sebab profesi ini termasuk yang paling banyak diincar.

Posisi teller bank termasuk dalam salah satu posisi yang paling banyak dilirik, karena meski dalam lingkup perbankan, posisi ini bisa diisi oleh jurusan manapun. Tidak hanya orang yang lulus jurusan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi, yang bisa mengisi posisi ini.

Bahkan, lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) pun juga bisa melamar sebagai teller bank. Beberapa bank telah memfasilitasi agar lulusan SMK bisa meniti karir di perbankan, dimulai dari posisi teller. Misalnya, PT Bank Central Asia Tbk, yang memiliki program Bakti BCA, atau PT Bank Mandiri Tbk, dengan program Kriya Mandiri.

Penyebab lain mengapa posisi ini menjadi salah satu posisi yang diincar pencari kerja, adalah karena gaji teller bank tergolong tinggi, untuk ukuran fresh graduate alias orang yang baru pertama kali masuk dunia kerja.

Advertisement

Memang, penentuan gaji ini ditentukan berdasarkan kualifikasi pendidikan, serta daerah tempat pencari kerja tersebut melamar. Namun, besaran gajinya tetap bersaing dengan posisi administrasi dari bidang lainnya.

Gaji Teller Bank di Indonesia

Secara umum, informasi mengenai gaji teller bank yang paling sering dicari adalah yang berasal empat bank berkapitalisasi besar alias bank kelas kakap Indonesia, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Mandiri Tbk.

Keempat bank ini merupakan konglomerasi perbankan raksasa Indonesia, dengan jaringan meliputi seluruh wilayah di Tanah Air. Tak heran, jika lowongan yang dibuka keempatnya selalu diserbu oleh ribuan, bahkan puluhan ribu pencari kerja.

Untuk posisi teller sendiri, keempat bank ini menawarkan gaji yang cukup menggiurkan. Pasalnya, besaran gaji teller bank di BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri tergolong besar dan bersaing dengan industri lain.

Secara perinci, berikut ini adalah ulasan mengenai gaji teller bank di BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

1. BCA

BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia, dengan total aset mencapai Rp 1.264,5 triliun per semester I-2022. Untuk urusan gaji pegawai, BCA merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Dilansir dari idx.com, gaji teller bank di BCA tercatat mencapai Rp 3,5 juta hingga Rp 4,6 juta per bulan, untuk peserta Bakti BCA. Sementara, untuk posisi teller di luar program ini, BCA memberikan gaji Rp 300.000 di atas gaji yang diterima peserta Bakti BCA. Artinya, petugas teller di BCA untuk posisi full time bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 3,8 juta hingga Rp 4,9 juta.

2. BRI

Bank tertua di Indonesia ini juga masuk dalam jajaran bank berkapitalisasi besar, dengan jumlah aset mencapai Rp 1.652,84 triliun per semester I-2022. Dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, BRI termasuk sebagai salah satu perusahaan yang menjadi incaran pencari kerja.

Untuk posisi teller sendiri, BRI merupakan salah satu bank yang memberikan gaji atau upah yang tergolong tinggi. Gaji teller bank di BRI, bisa mencapai Rp 4,8 juta per bulan, tergantung dari background pendidikan orang yang menempati posisi tersebut.

3. BNI

BNI merupakan bank yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sama seperti BRI, BNI juga memiliki sejarah yang panjang, dan memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu informasi gaji teller bank BNI didapat dari program Bina BNI, yang mencapai lebih dari empat juta. Gaji teller bank ini, berbeda berdasarkan latar belakang pendidikan terakhir.

4. Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia, yang merupakan gabungan empat bank milik pemerintah, yakni Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, dengan jumlah aset yang mencapai Rp 1.785,71 triliun, lowongan kerja yang dibuka oleh Bank Mandiri termasuk sebagai salah satu lowongan yang diminati para pencari kerja.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, gaji teller Bank Mandiri bisa mencapai Rp 4,5 juta.

Patut diingat, besaran gaji teller bank ini dapat berbeda-beda di setiap wilayah karena menyesuaikan dengan upah minimum regional (UMR). Selain itu, besaran gaji yang didapatkan juga ditentukan dari latar belakang pendidikan orang yang mengisi posisi teller tersebut.

Meski demikian, gaji teller bank secara umum tergolong tinggi. Dilansir dari indeed.com, rata-rata gaji teller bank di Indonesia adalah Rp 4.397.105 per bulan.

Sekilas tentang Posisi Teller Bank

Teller adalah pegawai perbankan yang membantu nasabah dalam melakukan rutinitas transaksi keuangan. Tugas teller ini sehari-hari antara lain melakukan penyetoran, menangani penarikan dan menerbitkan wesel atau cek kasir kepada nasabah bank.

Tanggung jawab utama seorang teller bank adalah layanan pelanggan/nasabah. Artinya, seorang teller bank harus memiliki pengetahuan tentang berbagai operasi bank dan mampu menjawab pertanyaan apa pun yang dimiliki pelanggan.

Tugas dan tanggung jawab lain teller bank antara lain:

  • Mencatat transaksi, yang melibatkan pencatatan cek dan menyiapkan laporan transaksi
  • Menghitung dan mengemas mata uang
  • Rekonsiliasi laci kas
  • Membuka rekening baru dan membantu pengajuan pinjaman
  • Penukaran mata uang asing
  • Mempromosikan produk dan layanan bank
  • Menjaga kerahasiaan informasi pribadi pelanggan
  • Berkomunikasi dengan anggota tim bank lainnya

Seperti telah disebutkan, seorang teller bank harus memiliki berbagai keterampilan layanan pelanggan. Sebab, mereka sering kali menjadi orang pertama yang diajak bicara oleh pelanggan di bank. Oleh karena itu, seorang teller bank harus memiliki sikap yang hangat dan ramah.

Teller bank juga harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk membantu nasabah dengan kebutuhan perbankan apa pun yang mereka miliki.

Tak hanya itu, seorang teller bank juga dituntut untuk menjunjung tinggi kejujuran dan integritas. Pasalnya, bank merupakan perusahaan yang mengemban amanah yang sangat besar dari nasabah yang menitipkan uang, serta mempercayakan aliran transaksi.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait