Menilik Gaji Teller Bank, Salah Satu Profesi Incaran Pencari Kerja

Annisa Fianni Sisma
13 September 2022, 15:46
gaji teller bank
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Ilustrasi, seorang teller menata tumpukan uang yang akan diambil oleh nasabah di Kantor Bank Mandiri Cabang Braga, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/4/2022).

Gaji teller bank merupakan salah satu informasi yang paling banyak dicari, terutama oleh calon pencari kerja (mahasiswa atau siswa/i SMK tingkat akhir). Ini tidak mengherankan, sebab profesi ini termasuk yang paling banyak diincar.

Posisi teller bank termasuk dalam salah satu posisi yang paling banyak dilirik, karena meski dalam lingkup perbankan, posisi ini bisa diisi oleh jurusan manapun. Tidak hanya orang yang lulus jurusan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi, yang bisa mengisi posisi ini.

Bahkan, lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) pun juga bisa melamar sebagai teller bank. Beberapa bank telah memfasilitasi agar lulusan SMK bisa meniti karir di perbankan, dimulai dari posisi teller. Misalnya, PT Bank Central Asia Tbk, yang memiliki program Bakti BCA, atau PT Bank Mandiri Tbk, dengan program Kriya Mandiri.

Penyebab lain mengapa posisi ini menjadi salah satu posisi yang diincar pencari kerja, adalah karena gaji teller bank tergolong tinggi, untuk ukuran fresh graduate alias orang yang baru pertama kali masuk dunia kerja.

Memang, penentuan gaji ini ditentukan berdasarkan kualifikasi pendidikan, serta daerah tempat pencari kerja tersebut melamar. Namun, besaran gajinya tetap bersaing dengan posisi administrasi dari bidang lainnya.

Gaji Teller Bank di Indonesia

Secara umum, informasi mengenai gaji teller bank yang paling sering dicari adalah yang berasal empat bank berkapitalisasi besar alias bank kelas kakap Indonesia, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Mandiri Tbk.

Keempat bank ini merupakan konglomerasi perbankan raksasa Indonesia, dengan jaringan meliputi seluruh wilayah di Tanah Air. Tak heran, jika lowongan yang dibuka keempatnya selalu diserbu oleh ribuan, bahkan puluhan ribu pencari kerja.

Untuk posisi teller sendiri, keempat bank ini menawarkan gaji yang cukup menggiurkan. Pasalnya, besaran gaji teller bank di BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri tergolong besar dan bersaing dengan industri lain.

Secara perinci, berikut ini adalah ulasan mengenai gaji teller bank di BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

1. BCA

BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia, dengan total aset mencapai Rp 1.264,5 triliun per semester I-2022. Untuk urusan gaji pegawai, BCA merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Dilansir dari idx.com, gaji teller bank di BCA tercatat mencapai Rp 3,5 juta hingga Rp 4,6 juta per bulan, untuk peserta Bakti BCA. Sementara, untuk posisi teller di luar program ini, BCA memberikan gaji Rp 300.000 di atas gaji yang diterima peserta Bakti BCA. Artinya, petugas teller di BCA untuk posisi full time bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 3,8 juta hingga Rp 4,9 juta.

2. BRI

Bank tertua di Indonesia ini juga masuk dalam jajaran bank berkapitalisasi besar, dengan jumlah aset mencapai Rp 1.652,84 triliun per semester I-2022. Dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, BRI termasuk sebagai salah satu perusahaan yang menjadi incaran pencari kerja.

Untuk posisi teller sendiri, BRI merupakan salah satu bank yang memberikan gaji atau upah yang tergolong tinggi. Gaji teller bank di BRI, bisa mencapai Rp 4,8 juta per bulan, tergantung dari background pendidikan orang yang menempati posisi tersebut.

3. BNI

BNI merupakan bank yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sama seperti BRI, BNI juga memiliki sejarah yang panjang, dan memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...