3 Contoh Surat Rekomendasi Kerja Sesuai Tipe Pekerjaan

Annisa Fianni Sisma
12 Oktober 2022, 13:34
contoh surat rekomendasi kerja
PEXEL
Ilustrasi, suasana kerja di kantor.

Merekomendasikan tenaga kerja kepada perusahaan lain merupakan penghargaan bagi tenaga kerja tersebut. Faktor yang mempengaruhinya yakni prestasi yang dicapai, performa yang baik, sikap yang sopan, dan lain-lain. Keberadaan surat rekomendasi kerja tergolong penting. Sebab, surat ini dapat meningkatkan kepercayaan dari rekruter kepada calon karyawan.

Surat rekomendasi kerja, bisa dikatakan sebagai dokumen yang menjelaskan kualifikasi dan keterampilan seseorang yang berkaitan dengan suatu pekerjaan atau bidang kerja.

Surat ini ditulis berdasarkan kinerja, atau prestasi yang pernah dilakukan di tempat kerja sebelumnya. Surat ini, umumnya dibuat oleh atasan, manager, atau kolega, di mana mereka mendeskripsikan kualitas dan kemampuan yang membuat seseorang cocok untuk pekerjaan tertentu.

Ada kalanya surat rekomendasi kerja ditulis oleh seorang dosen, yang juga seorang profesional di bidang tertentu, untuk mahasiswanya yang memiliki prestasi akademik, serta dinilai mampu menjadi kandidat yang potensial di bidang tertentu.

Misalnya, seorang dosen di bidang akuntansi, yang juga seorang akuntan, menuliskan surat rekomendasi kerja untuk mahasiswanya agar diterima di suatu firma akuntansi. Contoh surat rekomendasi kerja semacam ini, menjadi penilaian tersendiri bagi rekruter, bahwa meski orang yang melamar kerja baru lulus kuliah, ia bisa menjadi kandidat yang potensial bagi perusahaan.

Jika ingin merekomendasikan tenaga kerja, tentu perlu surat resmi agar dapat dipahami dengan baik. Oleh karena itu, berikut contoh surat rekomendasi kerja yang dapat menjadi pilihan.

1. Contoh Surat Rekomendasi Kerja Full Time atau Penuh Waktu

SURAT REKOMENDASI KERJA

Lampiran : ……………
Hal : Rekomendasi Tenaga Kerja

Kepada Yth.
Bapak/Ibu (masukkan nama penerima)
(masukkan jabatan penerima)
di tempat (atau masukkan alamat lengkapnya)

Dengan Hormat,
Perkenalkan saya .... selaku .... dari PT ..... di .... hendak merekomendasikan mantan bawahan saya bernama ..... untuk mengisi posisi ..... di perusahaan Bapak/Ibu di PT ..... Karyawan dengan nama tersebut telah bekerja di perusahaan saya selama .... sudah mencapai prestasi berupa:

1. (nama prestasi atau sertifikasi) .... di..... pada tanggal .....
2. (nama prestasi atau sertifikasi) .... di..... pada tanggal .....
3. (nama prestasi atau sertifikasi) .... di..... pada tanggal .....

Selain itu, ia juga mampu ...... dan telah mendapatkan sertifikasi kemampuan lainnya berupa.... Ia mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya secara konsisten. Ia juga mampu bekerja sama dalam tim maupun secara individu.

Berkaitan dengan cara beradaptasi, ... merupakan karyawan yang adaptif. Ia mampu menyelesaikan masalah dengan memberikan solusi yang efektif. Tak hanya itu, ia juga mudah bersosialisasi sehingga relevan dengan kondisi lingkungan pekerjaan saat ini.

Ia memiliki skill kepemimpinan dan persuasi yang baik. Saya merekomendasikannya karena nilai dan kualitas yang dimilikinya. Saya yakin dia mampu bekerja dengan baik dan membuat perusahaan bapak/ibu semakin lebih baik.

Ia merupakan salah satu tim terbaik kami. Oleh karena itulah saya merekomendasikannya. Silakan menghubungi saya jika ingin mendiskusikan terkait hal tersebut.

Demikian surat yang saya sampaikan. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama penanggung jawab)
(Jabatan Penanggungjawab)
(Nomor telephon penanggung jawab)

2. Contoh Surat Rekomendasi Kerja Magang

SURAT REKOMENDASI KERJA MAGANG MAHASISWA

Lampiran : ……………
Hal : Rekomendasi Kerja Magang Mahasiswa

Kepada Yth.
Bapak/Ibu (masukkan nama penerima)
(masukkan jabatan penerima)
di tempat (atau masukkan alamat lengkapnya)

Dengan Hormat,
Berkaitan dengan adanya lowongan Magang pada perusahaan Bapak/Ibu, saya bermaksud merekomendasikan tenaga kerja Magang dalam posisi tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...