2 Rekomendasi Film Korea Dokter yang Menegangkan dan Menyedihkan

Annisa Fianni Sisma
9 Desember 2022, 12:46
Film Korea Dokter
imdb.com
Ilustrasi, cuplikan adegan dalam film No Mercy.

Film Korea dokter tentu menjadi film yang menarik untuk ditonton. Selain memberikan edukasi seputar dunia medis, film genre ini juga memberikan nuansa berbeda dari film pada umumnya.

Terdapat beberapa film Korea dokter yang menarik untuk ditonton bersama teman, sahabat, pasangan, maupun keluarga. Berikut ini dua rekomendasi film Korea dokter beserta sinopsisnya.

1. No Mercy (2010)

Film Korea dokter yang pertama yakni No Mercy. Film yang rilis pada 2010 ini memiliki kisah yang cukup menyeramkan, menegangkan, menyedihkan, dan membuat seluruh emosi bercampur aduk.

Film No Mercy disutradarai oleh Kim Hyeong-jun dan diproduseri oleh Kang Woo-suk. Film ini diperankan oleh Sol Kyung-gu, Ryoo Seung-bum, dan Han Hye-jin beserta aktor ternama lainnya.

Film ini mengisahkan seorang dokter ahli patologi forensik yang bernama dr. Kang. Ia ahli dalam tugasnya dan diakui oleh orang di sekitarnya. Ahli Patologi Forensik tersebut segera akan menjajaki masa pensiun. Ia berharap bisa menghabiskan waktu dengan putrinya yang baru saja pulang dari bekerja di luar negeri.

Suatu ketika, ia pun bersedia untuk melakukan pekerjaan terakhirnya. Seorang mayat wanita muda yang dimutilasi, diidentifikasi dan ditemukan di sungai. Tersangka tindakan tersebut, adalah Lee Sung-ho, yang merupakan aktivis lingkungan. Ia mengakui kesalahannya terhadap detektif Min Seo-young yang merupakan mantan murid dr. Kang.

Tersangka Lee menjelaskan, ia melakukan kejahatan tersebut demi menentang pembangunan yang membagi sungai menjadi 6 bagian. Meski telah mengaku, polisi tetap bingung karena petunjuk yang mereka temukan bertentangan dengan pengakuan Lee.

Lee juga memberitahu dr. Kang bahwa putri yang disayanginya telah diculik seseorang. Lee pun membiarkan dr. Kang menghubungi putrinya dan dr. Kang mendengar sang putri menangis meminta tolong.

Situasi mencekam itu rupanya dimanfaatkan oleh Lee, yang mengancam dr. Kang untuk berkompromi atas profesinya dan mengutak atik bukti agar mengarah terhadap pembebasan Lee dari tahanan dalam waktu tiga hari atau putrinya akan mati.

Min Seo-young mengetahui bahwa Kang terlibat dalam kasus lainnya. Kasus tersebut yakni tiga terdakwa yang diduga memperkosa saudara Lee. Kang diketahui merusak bukti untuk uang karena putrinya yang sakit.

Film Korea dokter ini pun berlanjut. Min juga mengetahui bahwa Oh Eun-ah merupakan salah satu saksi kasus pemerkosaan. Ketiga terdakwa tersebut pun dibebaskan dan Lee merasa benci dengan dr. Kang yang berbohong di pengadilan. Oleh karena itulah, Lee memojokkan dr. Kang.

Kang pun mengutak atik bukti yang cukup hingga Lee dilepaskan. Setelah itu Kang pun mengikuti Lee ke rumahnya. Sesampainya di sana, Min Seo-young yang mengetahui hal itu pun mendapati para terdakwa mati. Min meyakini Kang adalah target berikutnya.

Advertisement

Kang pun dengan kejam memukul Lee dengan menanyakan putrinya. Kang, Min, dan Lee pun tiba di gedung tempat Lee mengarahkan mereka. Kang menemukan putrinya sudah tewas di tumpukan kelopak mawar.

Kang pun merasa sangat hancur dan berusaha mengumpulkan tubuh anaknya. Namun ia tidak menemukan bagian tubuh lain selain kepala dan beberapa anggota tubuh lainnya. Kang kemudian pingsan karena terkejut bahwa tubuh yang dimutilasi itu merupakan tubuh putrinya di awal film Korea dokter ini. Tubuh sang anak diotopsi oleh Kang di sepanjang film.

Telepon sebelumnya merupakan rekaman sebelum sang putri meninggal dunia. Kang pun menangis kesakitan saat flash back dan mengingat bahwa ia terus membedah mayat putrinya dan merusaknya.

Lee dengan puas mengejek Kang bahwa ia akan terus hidup dengan rasa sakit yang sama atas perbuatan dr. Kang di masa lalu yang menyelamatkan terdakwa pemerkosa saudara Lee. Min pun memohon agar Kang tidak membunuh Lee karena kematian putrinya.

Kang akhirnya mengeluarkan senjata dan menembak Lee. Tak hanya itu, ia juga menembak dirinya sendiri. Kisah film Korea dokter ini sangat mendebarkan sekaligus menyedihkan dan menyakitkan. Nilai moral yang dapat diambil dari kisah ini adalah kecurangan akan berimbas ke diri sendiri.

2. Alive (2020)

Rekomendasi film Korea dokter yang kedua yakni Alive. Film ini mengisahkan wabah di suatu daerah. Wabah tersebut disebabkan oleh virus yang tidak diketahui. Virus tersebut menginfeksi mayoritas orang di wilayah itu. Orang-orang yang belum terinfeksi harus terus diisolasi dan keadaan kota pun menjadi sangat berantakan.

Film ini mengisahkan tentang perjuangan para dokter untuk turut meneliti virus. Tak hanya itu, film ini juga menghadirkan perjuangan orang agar terus hidup di tengah kota dengan isolasi yang mereka jalani.

Film Korea dokter terkait virus ini diperankan oleh Park Shin Hye dan Yoo Ah In. Keduanya memang ingin tergabung dalam satu project bersama.

Itulah dua film Korea dokter yang menjadi rekomendasi. Film pertama memang memiliki peran utama adalah seorang dokter forensik. Meski tidak langsung berhubungan dengan kedokteran, tetapi film ini menyinggung tema kesehatan dan hukum.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait