Memahami Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila

Annisa Fianni Sisma
15 Desember 2022, 13:29
Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila
Freepik
Ilustrasi, lambang negara Republik Indonesia, Garuda Pancasila.

Indonesia dilambangkan dengan Garuda Pancasila. Makna dan arti lambang Garuda Pancasila pun tak jauh dari makna berdirinya Indonesia dan lahirnya dasar negara Pancasila.

Pancasila yang merupakan dasar negara ini memiliki lima sila. Kelima sila tersebut dilambangkan dengan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Kelima lambang itu ada pada perisai yang terletak di tubuh Garuda Pancasila.

Pancasila tercantum pada Alenia ke-4 Preambule UUD 1945. Kelima sila tersebut, antara lain Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia memiliki lambang burung Garuda. Burung berwarna emas itu terlihat menghadap ke kanan dengan memegang pita yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”. Burung itu berdiri tegap dengan lambang-lambang sila Pancasila. Berkaitan dengan hal tersebut berikut ini makna dan arti lambang Garuda Pancasila.

1. Burung Garuda

Burung Garuda merupakan raja dari segala burung. Burung ini dikenal sebagai Burung Sakti Elang Rajawali. Makna dan arti lambang Garuda Pancasila yakni kekuatan dan pergerakan yang dinamis. Hal ini terlihat dari sayapnya yang mengembang dan siap terbang ke angkasa.

Sayap Burung Garuda yang melebar itu melambangkan dinamika dan semangat Indonesia untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia. Cita-cita yang tinggi ini dilambangkan dengan Burung Garuda yang siap terbang.

2. Kaki Burung Garuda

Makna dan arti lambang Garuda Pancasila berikutnya yakni pada cengkraman kakinya. Kedua kaki emas itu terlihat kokoh mencengkram sebuah pita putih. Pita yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” itu memiliki pengertian “Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.” Slogan ini pun menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku, agama, budaya, dan lain sebagainya.

3. Burung Garuda Berwarna Emas

Burung Garuda yang berwarna emas ini melambangkan keagungan. Artinya, bangsa Indonesia senantiasa menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa yang memiliki sifat agung dan luhur.

4. Jumlah Bulu Burung Garuda

Makna dan arti lambang Garuda Pancasila selanjutnya meliputi jumlah bulunya. Hal inilah yang menjadikan Burung Garuda sanga menarik. Bulu pada sayap kanan dan kiri burung garuda berjumlah 17 helai pada masing-masing sisinya. Angka 17 ini menunjukkan tanggal 17 yang merupakan Hari Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, bulu ekor Burung Garuda berjumlah 8 helai yakni menunjukkan angka 8 atau bulan 8. Bulan ke-8 adalah Agustus yang merupakan bulan Kemerdekaan RI. Berikutnya, di bawah kalung perisai yang terhubung dengan ekor terdapat bulu dengan jumlah 19 bulu. Kemudian pada leher berjumah 45.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...